Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkuat penguasaan Keilmuan Santri, Gelar Olimpiade Sains antar Kampus PMDG

Perkuat penguasaan Keilmuan Santri, Gelar Olimpiade Sains antar Kampus PMDG

Ponorogo –Koran Edukasi Di tengah padatnya rentetan Gontor Olympiad 2022 yang sedang berlangsung, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) juga mengadakan kompetisi lainnya di luar rentetan kegiatan GO. Hal tersebut menjadikan para santri selalu sibuk dengan kegiatan sehingga tidak ada waktu untuk lalai dan memikirkan hal yang mengganggu proses belajar mereka di pondok.

Adapun kompetisi yang diadakan adalah Gontor Science Olympiad (GSO) Antar Kampus. Sesuai namanya, hal yang dilombakan pada kompetisi ini adalah kepiawaian santri di bidang sains. Berbeda dengan GO yang diikuti oleh santri PMDG Kampus Pusat saja, GSO kali ini akan diramaikan oleh PMDG kampus-kampus cabang yang mengirimkan santri-santri mereka untuk bersaing dengan peserta-peserta lainnya.

Sebelumnya, PMDG juga sudah menyelenggarakan kompetisi GSO yang diikuti oleh para peserta dari utusan antar rayon saja. Setelah melihat antusias santri tatkala mengikuti perlombaan di bidang sains, timbullah inisiatif untuk mengadakan kompetisi yang sama, namun dengan cakupan yang lebih luas.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Layaknya GSO sebelumnya, kompetisi ini juga berada di bawah naungan Laboratorium KMI dengan bantuan siswa akhir KMI dari kursus Exact. Adapun macam-macam perlombaan yang diselenggarakan di kompetisi ini adalah sebagai berikut: Debat Ilmiah, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Master of Science, Cerdas Cermat, Science Invention, Roket air, Science Describing, Math Warrior.

Pusat kegiatan serta pembukaan kompetisi GSO antar kampus secara resmi diadakan pada hari Jum’at (11/11) pukul 07.30 WIB di depan Gedung Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) yang dihadiri oleh seluruh peserta dan penanggung jawab kontingen dari masing-masing kampus.

Meskipun dibuka pada hari itu, namun beberapa perlombaan yang melangsungkan babak penyisihan sudah dimulai lebih dulu pada hari sebelumya yaitu Kamis (10/11) agar keseluruhan final lomba dapat diselesaikan sebelum pembagian hadiah.

Alhasil, dari rekap perloehan nilai dari msing-masing perlombaan, keluarlah PMDG Kampus Pusat sebagai Juara Umum GSO Antar Kampus tersebut. Selain itu, PMDG Kampus 4 Banyuwangi juga turut dinobatkan sebagai Juara Favorit atas pencapaian yang mereka dapat di kompetisi tersebut.

Diselenggarakan olimpiade ini merupakan salah satu bentuk upaya PMDG dalam menumbuhkan minat kepada ilmu pengetahuan umum, sekaligus menyeimbangkan ilmu pengetahuan umum dan ilmu pengetahuan agama Islam, sebagaimana yang dikatakan Trimurti pendiri pondok yaitu 100% ilmu agama dan 100% ilmu umum.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk " Perkuat penguasaan Keilmuan Santri, Gelar Olimpiade Sains antar Kampus PMDG"