Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guru dan Ruang Berkreativitas

Guru dan Ruang Berkreativitas

Imam Suprayogo

Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Periode 1997-2013. Peraih Rekor MURI “Rektor Menulis Artikel di Website, Tanpa Jeda”

 

Guru selalu dituntut agar selalu kreatif, banyak ide, prakarsa, inovasi, dan hal-hal baru lainnya.  Guru yang tidak kreatif tidak akan menarik bagi para murid-muridnya. Murid hanya menyukai orang kreatif. 

Bahkan anak-anak dimasukkan ke sekolah,  bukan agar mereka berhasil menghafal isi buku yang dikarang oleh seseorang.  Tatkala dianjurkan untuk membaca buku, maksudnya adalah  agar  jiwa kreativitasnya tumbuh.
 
Kreativitas seseorang, termasuk guru, agar selalu tumbuh, maka  memerlukan ruang, lingkungan, iklim atau suasana yang tepat. Suasana yang penuh dengan aturan, tata tertib, petunjuk, dan sejenisnya itu tidak akan melahirkan kreativitas.

Sebaliknya, hanya akan membunuh kreativitas guru. Kreativitas akan lahir manakala ada tantangan, suasan yang menghimpit, dan bahkan adanya persoalan yang seharusnya diselesaikan.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Tanpa adanya tantangan, seseorang tidak akan maju dan bersemangat untuk berbuat. Anak-anak yang dimanja oleh orang tuanya, dengan memenuhi semua kebutuhannya, atau  apa saja dibantu, maka yang bersangkutan  justru tidak akan tumbuh normal. 

Mereka  akan menjadi cengeng. Itulah sebabnya, ada  nasehat yang cukup bijak, agar anak tidak dimanjakan. Anak-anak harus diberi tantangan agar semakin cerdas dan kreatif, sekalipun tantangan itu harus disesuaikan dengan perkembangan usia dan kemampuannya.
 
Terkait dengan kreativitas yang kemudian saya kaitkan dengan proses pembelajaran, maka saya seringkali mengagumi para kyai. Pimpinan pondok pesantren pada umumnya tidak pernah belajar tentang cara mengajar. 

Umpama mereka mengetahui  tentang bagaimana mengajar, hanyalah berasal dari  pengalaman atau kyainya tatkala mereka belajar. 

Oleh karena itu, saya yakin, para kyai  tidak memiliki pengetahuan ilmiah secara mendalam  tentang mengajar. Namun demikian, saya juga yakin, mereka mengetahui  hakekat atau filsafat mengajar.  

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/
 
Kekaguman saya terhadap prestasi kyai,  sebenarnya tolok ukur  yang saya gunakan juga amat sederhana. Saya membandingkan antara dua jenis lembaga pendidikan yang berbeda, yaitu sekolah dan pesantren. 

KLO edua-duanya sama-sama mengajarkan bahasa asing. Sekolah umum mengajarkan Bahasa Inggris, sementara itu,  pesantren mengajarkan Bahasa Arab.  

Para pengajar Bahasa Inggris di sekolah umum dibekali dengan berbagai pengetahuan ilmiah, peralatan yang cukup, lingkungan yang mendukung, dan bahkan gaji atau honorarium yang memadai.
 
Sebaliknya di pesantren,  para  pengajarkan Bahasa Arab, pada umumnya   tidak  memiliki pengetahuan ilmiah tentang metodologi pengajaran. Bagi mereka yang penting  mengajar agar para santrinya mampu berbehasa Arab baik  membaca, menulis, maupun memahaminya.

 Peralatan mengajar yang digunakan oleh para kyai, tempat, dan apalagi honorarium, seringkali tidak terurus. Akan tetapi pada kenyataannya, sekalipun tidak terlalu lama belajar, para santri  sudah bisa bercakap-cakap dan membaca buku teks berbahasa Arab.
 
Sementara itu, manakala berani jujur, tidak semua anak lulusan SMA, dan bahkan S1, S2, atau bahkan S3, berhasil menguasai Bahasa Inggris.  Kelemahan itu akan ketahuan, ketika para sarjana mau berangkat belajar ke luar negeri. 

Mereka secara  mendadak harus belajar Bahasa Inggris lagi secara intensif, kursus toefl dan semacamnya.  Padahal di setiap jenjang, selalu diberikan pelajaran Bahasa Inggris dan   telah  dinyatakan lulus. 

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/
 
Perbedaan yang mencolok di antara ke dua jenis  lembaga pendidikan  itu, saya menduga disebabkan  oleh karena adanya suasana yang berbeda di antara keduanya.  Para kyai memiliki otoiritas, kebebasan dan keleluasaan untuk mengembangkan kreativitasnya. 

Berbekalkan suasana itu, para kyai  berhasil  mengembangkan kreativitasnya, termasuk kreativitas dalam mencari teknik mengajar yang tepat.  Sementara itu, para guru di sekolah dihadapkan pada berbagai peraturan, tolok ukur, jumlah jam, dan berbagai pedoman,  sehingga menjadikan tugasnya ditunaikan atas  petunjuk formal itu.       
 
Bermacam-macam pedoman atau ketentuan yang diberlakukan kepada guru, -disadari atau tidak, sebenarnya justru membunuh kreativitas mereka. Dengan berbagai petunjuk, para guru menjadi tidak memiliki ruang untuk mengembangkan  kreativitasnya. Orientasi guru akhirnya hanya pada peraturan. 

Sebab mereka disebut sebagai guru yang baik manakala telah mengikuti peraturan atau pedoman secara tepat, sekalipun hal itu justru menjadikan guru tidak kreatif. Para guru telah mengajarkan Bahasa Inggris sesuai kurikulum dan petunjuk yang diberikan, namun pada kenyataannya, para siswa sekalipun telah dinyatakan lulus belum mampu berbicara dan memahami buku berbahasa Inggris.
 
Cara mengajar bahasa asing di pesantren -Bahasa Arab, ternyata berhasil, walaupun dilakukan dengan cara sederhana dan murah. Bahkan di beberapa pesantren tidak saja berhasil mengajarkan Bahasa Arab, tetapi sekaligus juga Bahasa Inggris. Pesantren Gontor Ponorogo dan juga al Amien di Sumenep misalnya, adalah sedikit contoh pesantren yang berhasil membekali santrinya dua bahasa asing sekaligus. 

Di dua pesantren itu, guru dibekali semangat, niat yang teguh, integritas, dan keikhlasan bekerja. Dengan cara itu, ternyata pendidikan bahasa asing di pesantren ternyata lebih berhasil  dibanding para guru di banyak sekolah umum yang dibekali dengan peraturan dan petunjuk teknis. 

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/
 
Memperhatikan keberhasilan pendidikan bahasa asing  di pesantren dan kemudian membandingkannya dengan di sekolah pada umumnya, maka hati saya selalu  bertanya-tanya, mengapa pemerintah tidak berani mengadopsi apa yang telah dilakukan oleh pesantren. 

Bukankah  pesantren sebenarnya juga milik bangsa Indonesia sendiri. Sesuatu pendekatan di pesantren yang  ternyata berhasil, mengapa tidak dikembangkan di lembaga pendidikan yang dikelola oleh pemerintah.

Selain itu, tatkala berbagai  peraturan, pedoman, petunjuk teknis, justru membunuh kreativitas, maka pertanyaannya, mengapa pemerintah justru  membuat dan memberlakukannya kepada semua guru.
 
Bagi pekerja yang hanya menggunakan tenaga fisik memang diperlukan pedoman, petunjuk,  atau sejenisnya. Akan tetapi para dosen, guru, seniman,  dan sejenisnya, oleh karena jenis pekerjaan itu bukan bersifat  fisik, maka kiranya tidak terlalu memerlukannya. 

Para pekerja itu, asalkan  telah memenuhi syarat, baik menyangkut  latar belakang pendidikan, pengalaman, catatan keberhasilan dalam menunaikan tugas,  dan sejenisnya, maka semestinya  diberi peluang seluas-luasnya untuk mengembangkan kreativitasnya.
 
Saya ingat sebuah nasehat dari seorang bijak, bahwa hanya orang buta saja yang memerlukan pemandu atau tongkat. Sementara itu, guru bukan seperti orang buta. 

Oleh karena itu,  ketika guru terlalu banyak diberi pedoman, petunjuk, arahan yang bersifat teknis, maka  sama halnya dengan mempersamakan mereka dengan  orang buta. Berikanlah kepada para guru ruang untuk berkreativitas seluas-luasnya sebagaimana para ustadz di pesantren  yang ternyata mereka lebih   berhasil dalam mengajarkan Bahasa Arab  kepada  para santrinya. Wallahu a’lam.   

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "Guru dan Ruang Berkreativitas"