Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Matematika Tak Sebatas Angka (Bagian 1)

Matematika Tak Sebatas Angka (Bagian 1)

Muhammad Hifni
Penulis Buku “Matematika Kehidupan”.  Dosen Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Anjani dan STMIK NW Anjani Mataram



KORAN EDUKASI – Orang matematika pasti taka sing dengan bilangan prima. Bilangan prima yaitu bilangan yang hanya bisa dibagi oleh dirinya sendiri dan angka satu. Sebagai contoh: 2, 3, 5, 7, 11, … .

Jika ditelaah lebih dalam, bilangan prima ini bisa dijadikan sebagai falsafah hidup. Dalam hidup sudahs emestinya memiliki prinsip bahwa sesungguhnya penentu kesuksesan dan keberhasilan kita di masa yang akan datang ada dua. Yakni, Tuhan sang pencipta dan diri kita sendiri.

Satu itu adalah Tuhan. Keyakinan bahwa Tuhan adalah penentu kesuksesan setiap hamba-Nya akan membawa kita pada tingkatan keimanan yang tertinggi sebagai pemeluk agama-Nya. Namun, di luar hal itu kita harus tetap berikhtiar dengan terus berusaha memberikan yang terbaik dalam setiap aktivitas kita untuk mencapai tujuan sukses tersebut.

Jadi, kitalah yang sesungguhnya menjadi faktor penting kesuksesan dan keberhasilan kita. Bukan orang lain. Tuhan yang maha penyayang sangat melihat ikhtiar dan usaha kita. Dalam al-Qur’an surat al-Hujurat, Allah swt berfirman yang artinya: “Allah maha melihat yang ghaib di langit dan di bumi. Dan Allah maha melihat apa yang kamu kerjakan.”

Posting Komentar untuk "Matematika Tak Sebatas Angka (Bagian 1)"