Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asrorun Ni’am Dikukuhkan sebagai Guru Besar Fikih UIN Jakarta

KORAN EDUKASI –Asrorun Ni’am Sholeh dilantik dan dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Fikih Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Wakil Presiden KH. Mar’ruf Amin ikut serta menghadiri pengukuhan tersebut.

Pengangkatan Asrorun Ni’am sebagi guru besar dilakukan langsung oleh rektor UIN Syarif Hidayatullah, Amany Lubis Ma’ruf berpesan agar para ahli  fikih seperti Asrorun Ni’am harus terus bermunculan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

“Di UIN dan di sini saya kira penting untuk melahirkan ahli fikih, karena banyak persoalan hukum yang harus disikapi. Masalah politik, ekonomi, budaya, dan sosial serta dimensinya bersifat nasional, bahkan global,” kata Ma’ruf Amin dalam sidang  terbuka Senat pengukuhan guru besar UIN Syarif Hidayatullah, Rabu (22/02/2023).

Ma’ruf Amin Juga berharap pengukuhan Asrorun Ni’am sebagai professor dan guru besar dapat memberikan banyak Pembaharuan tentang ilmu Fikih di Indonesia. Oleh karena itu, ahli ilmu fikih Ni’am harus diperbanyak lagi.

 “Ada banyak hal yang tidak ada sebelumnya sekarang ada. Dulu yang sudah ada banyak tetapi tidak lagi sesuai dengan keadaan sekarang, maka diperlukan pembaharuan . Oleh sebab itu ahli-ahli ilmu fikih seperti Asrorun Ni’am ini sangat dibutuhkan dan diperbanyak lagi.” Katanya

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Dalam acara pengukuhan ini, Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Amany Lubis mengatakan, Ni’am sudah lama aktif di Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Komisi Fatwa. Karena itu, menurutnya, Asrorun Ni’am menguasai persoalan nasional yang ada.

“Bisa menjadikannya lebih menguasai permasalahan nasional dan pandangan tentang fatwa-fatwa menjadi luwes(fleksibel), menjadi visioner, dan jadi lebih akademik dan jadi lebih punya gerakan,” kata Amany.

Amany berpesan, ilmu fikih di UIN Jakarta harus memiliki arah dan pandangan yang inovatif dan mampu menjawab semua permasalahan yang ada. Hal itu agarumat Islam di Indonesia memiliki landasan agama yang dibutuhkan.

Pengukuhan Asrorun Ni’am sebagai guru besar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama (SK Menag) dengan nomor 039304/B.2/3/2022 tentang kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional. Turut hadir dalam acara pengukuhan ini adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi.

Dalam kesempatan itu, Ni’am menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Living Fatwa: Transformasi Fatwa dalam Perilaku dan Kebijakan Publik di Era Milenial”. Setelah menyampaikan orasi ilmiah, pengukuhan kepada Asrorun Ni’am dilakukan oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Amany Lubis.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "Asrorun Ni’am Dikukuhkan sebagai Guru Besar Fikih UIN Jakarta"