Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembelajaran Matematika yang Bermakna

Penulis:
Moh Ukasyah Surya Atmaja
Guru Matematika MA Tarbiyatut Tholabah, Kranci Paciran Lamongan

 

KORAN EDUKASI - Belajar adalah proses perubahan tingkah laku yang berupa pengetahuan, sikap dan keterampilan yang bersifat menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil latihan atau pengalaman.

Pembelajaran pada hakikatnya adalah suatu proses interaksi antara anak dengan lingkungannya, baik antar anak dengan anak, anak dengan sumber belajar, maupun anak dengan pendidik. Dengan prosesnya yang bersifat individual dan kontekstual, yang artinya proses belajar terjadi dalam diri individu sesuai dengan perkembangannya dan lingkungannya.

Kegiatan pembelajaran ini akan menjadi bermakna, jika dilakukan dalam lingkungan yang nyaman, memberikan rasa senang dan aman bagi anak. Belajar akan lebih bermakna, jika anak mengalami langsung apa yang dipelajarinya dengan mengaktifkan lebih banyak Indera daripada hanya mendengarkan guru menjelaskan materi pembelajaran.

Oleh karena itu setiap pendidik/guru haruslah bisa menciptakan iklim pembelajaran di kelas menjadi pembelajaran yang bermakna yaitu:

1.    Menerima peserta didik apa adanya (baik kekurangan/kelebihan)
2.    Mengenali dan membina peserta didik melalui penemuan terhadap dirinya sendiri
3.    Mengusahakan sumber belajar yang mungkin dapat diperoleh peserta didik untuk dapat memilih dan menggunakannya
4.    Memberi kesempatan peserta didik mengambil tanggung jawabnya sendiri untuk memenuhi tujuan belajarnya

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Ada tiga manfaat penting dalam menerapkan pembelajaran bermakna bagi peserta didik, yaitu:
1.    Informasi yang dipelajari secara bermakna lebih lama dapat diingat
2.    Informasi – informasi baru yang telah diterima, digali, dibangun oleh siswa memudahkan proses belajar berikutnya untuk materi belajar yang berkelanjutan
3.    Informasi yang dilupakan sesudah terbangun struktur pengetahuan baru, akan mempermudah proses belajar hal – hal yang mirip walaupun telah terlupakan

Dalam pembelajaran matematika yang bermakna, penggunaan metode yang tepat akan menentukan efektivitas dan efisiensi pembelajaran matematika. Beberapa metode yang dapat dipilih guru matematika adalah metode ekspositori, demonstrasi, tanya jawab, penugasan, eksperimen, drill dan latihan, penemuan inquiry, permainan dan pemecahan masalah.

Diharapkan dengan adanya metode – metode pembelajaran yang bervariasi ini akan didapatkan pemahaman yang bermakna yaitu informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Lalu langkah apa yang harus dilakukan guru agar terjadi pembelajaran bermakna?
1.    Sikap dan gaya mengajar guru harus bervariasi, tidak monoton, menyenangkan dan interaktif
2.    Penyampaian materi pelajaran yang mudah dipahami peserta didik tidak bertele-tele dan menyenangkan
3.    Penggunaan strategi dan metode mengajar yang tepat
4.    Pangaitan materi dan pengetahuan peserta didik harus seimbang
5.    Menetapkan tujuan pembelajaran
6.    Penggunaan media pembelajaran yang sesuai,menarik dan relevan
7.    Up to date (selalu mengikuti perkembangan)

Dengan pembelajaran yang bermakna, peserta didik akan lebih mudah menerima, mengingat dan menyelesaikan tugasnya dengan rasa senang, nyaman, dan penuh tanggung jawab, sehingga mereka akan lebih semangat dan percaya diri. Hal ini akan membuat peserta didik menyadari bahwa pembelajaran matematika bukanlah pembelajaran yang menakutkan, membosankan, menjenuhkan, dan sulit. Tetapi pelajaran yang menyenangkan, penuh tantangan dan seru.

Kekompakan dan hubungan antara guru dan peserta didik yang menyenangkan dan saling melengkapi akan membuat proses belajar mengajar tercapai sesuai dengan tujuan yang didiharapkan. Dan menjadikan pembelajaran ini menjadi pembelajaran yang penuh makna, baik untuk peserta didik ataupun untuk guru.[KE]

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "Pembelajaran Matematika yang Bermakna"