Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siswa MAN 2 Kudus Raih Gold Medal YISF 2023

KORAN JAKARTA – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus kembali menorehkan prestasi di bidang riset tingkat internasional yang membanggakan. MAN 2 Kudus meraih Gold Medal dalam ajang Youth International Science Fair (YISF) 2023.

Youth International Science Fair (YISF) adalah lomba inovasi tingkat internasional yang dapat diikuti oleh pemuda dari seluruh dunia. Lomba ini diadakan di bawah kolaborasi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, Indonesian Young Scientist Association, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, dan BUCA IMSEF Turkey.

Teknis lomba dilakukan secara online, peserta mengirimkan extended abstract dan PowerPoint dari penelitian yang telah dilakukan sebelum proses penjurian (batas waktu telah ditentukan). Proses penjurian dilakukan setelah peserta mempresentasikan penelitian mereka dan melewati sesi tanya jawab. Extended abstract, PowerPoint, dan proses penjurian dibuat dan dilakukan dalam bahasa Inggris. Waktu lomba YISF 8 – 13 Maret 2023.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Tim riset yang yang meraih prestasi internasional ini terdiri dari Farhatun Rizqiyah (XI IPA 4), Risqa Rachmawati (XI IPA 4), Tyanaya Rahma (X-1), Naila Fathma Firmana (X-6), dan Najwa Salsabila Khusna (X-1), dengan guru pembimbing Lina Kurniawati, M.Pd. Judul karyanya adalah: “Thin Film Innovation Based on Carbon Dots (CDs) from Bamboo Leaf Waste ( Bambusoideae ) as Anti-UV on Gadgets”.

Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk lebih sering menggunakan gadget yang mereka miliki. Penelitian ini berawal dari keresahan masyarakat akan bahaya pantulan sinar UV yang terdapat pada gadget serta dampaknya terhadap kesehatan mata manusia. Sebagai solusi yang tepat, kini terdapat inovasi thin film pada screen gadget dari sintesis Carbon Dots limbah daun bambu. Harapannya, inovasi ini dapat mengatasi permasalahan di saat dan sesudah masa pandemi berlangsung.

Kepala MAN 2 Kudus, Drs. H. Shofi, M.Ag. menyambut gembira atas prestasi yang luar biasa dari tim riset siswanya yang berhasil meraih penghargaan di ajang riset internasional YISF 2023, serta berharap agar seluruh siswa tetap semangat belajar menuntut ilmu dan terus meraih prestasi baik di bidang riset, bidang akademik maupun non akademik, baik di tingkat nasional maupun internasional.

MAN 2 Kudus akan terus memberikan kesempatan dan fasilitas kepada peserta didik untuk mengembangkan karya-karyanya melalui berbagai ajang lomba, baik lomba akademik maupun non akademik.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "Siswa MAN 2 Kudus Raih Gold Medal YISF 2023 "