Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prof. M Nuh: Uninus Sudah On Track

KORAN EDUKASI – Prof Kh Mohammad Nuh selaku mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Periode 2009-2014 memberi kuliah umum di kampus Uninus dengan topik yang sangat spesifik yaitu “Pembinaan SDM Menuju Uninus Unggul”. Dalam kesempatan tersebut, Rais Syuriah PBNU Periode 2022-2027 juga menyampaikan secara gamblang bahwa untuk menuju kampus unggul maka Uninus sudah on the right track.

Paparan kuliah umum yang diselenggarakan pada Kamis (22/06/2023) di Aula Lt.1 Gd. SPs Uninus dan dihadiri oleh jajaran Rektorat, Dekan Fakultas serta Dosen dan Ketua Pengurus Yayasan Pembina Uninus, KH Hasan Nuri Hidayatullah berjalan cukup khidmat. Prof M Nuh juga terlihat kagum dan bangga melihat Uninus sebagai kampus yang lahir tahun 1960-an ini bisa seolah lahir kembali dan menularkan energi postif lewat budaya nusantara yang dikemas kekinian.

“Meski sebagai Universitas lama yang lahir tahun 1960, Uninus saya nilai reborn atau lahir kembali, atau new Uninus, ” jelasnya. Dan tren yang dimiliki Uninus saat ini menurut Prof M Nuh sudah on the right track.

Tak hanya itu, pria kelahiran Surabaya yang juga pernah menjabat sebagai menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia di era Presiden SBY ini mencermati bahwa Uninus sudah punya modal menjadi kampus unggul, artinya di masa depan perubahan positif yang dimiliki Uninus bukan sekedar adanya kompetisi universitas tetapi tersisip tugas luar biasa yaitu mempersiapkan masa depan generasi bangsa Indonesia agar menjadi lebih unggul.

“Kita punya bonus demografi. Nah, Uninus sekarang untuk menyiapkan anak Indonesia saat 100 tahun Indonesia, yang hari ini kuliah di Uninus, 15 tahun lagi akan jadi pemimpin bangsa,” jelas Mantan Menteri yang mengawali karir ciamik sebagai Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember periode 2003-2007.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

 

Hal Fundamental yang Harus Dibenahi Uninus

Kuliah umum yang dipaparkan Prof M Nuh juga mencermati tentang apa yang perlu dilakukan oleh Uninus dan itu adalah hal mendasar, Menurutnya ada tiga hal mendasar yang harus dibenahi yaitu; Sistem Akademik, Kualitas Pendidik, dan Infrastruktur. “Ini harus berkembang secara berkesinambungan, sehingga bisa berjalan dengan baik organisasi di Uninus ini,” papar Prof M Nuh.

Menjawab paparan tersebut Prof Obstar Sinaga selaku Rektor Uninus menyambut hangat dengan ungkapan ribuan terima kasih karena telah berkenan hadir di Uninus dan bukan hanya memberikan kuliah umum tetapi juga dukungan moril dan semangat untuk seluruh jajaran pengajar dan staf Uninus.

“Ucapan beribu Terima kasih kepada Prof KH M Nuh yang bisa hadir di Uninus, memberikan motivasi, suport serta ilmunya untuk membangun Uninus,” terang Rektor Uninus Prof Obsatar Sinaga.

Rektor Uninus juga menyampaikan bahwa Uninus sudah melakukan pembenahan menyeluruh dengan melakukan tiga hal penting, diantaranya yakni pembinaanSDM, penataan akademik, serta penataan infrastruktur, hingga dana tata kelola yang semua itu sudah dibenahi dan terus berjalan. Bahkan menurut Rektor, Program Studi (prodi) di Uninus, sudah mendapatkan SK dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) PT (Perguruan Tinggi).

Diakui Prof Obi, bahwa target uninus dua tahun ke depan, yakni menjadi Universitas unggul dan kemudian menuju World Class University. “Itu target kita, dan siap kita raih. Seperti penjelasan Prof M Nuh yang sebelumnya menyatakan bahwa Uninus telah membentuk new uninus dan kelihatannya akan menjadi universitas unggul,” pungkas Rektor Uninus.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "Prof. M Nuh: Uninus Sudah On Track"