Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asyiknya Belajar Matematika dengan Games WordWall

Oleh: Rachmah Ratnaningtiyas
Guru Matematika MTsN Kota Batu

KORAN EDUKASI - MTs Negeri Kota Batu merupakan salah satu sekolah yang terletak di pintu masuk kota Apel yaitu Kota Batu. Madrasah ini berdiri sejak tahun 2004 dengan nama “MTs Persiapan Negeri”  atas himbauan  Bapak Wali Kota dan sebagian besar  masyarakat Kota Batu khususnya di Kecamatan Dadaprejo.  

 Alhamdulillah dengan berjalannya waktu madrasah ini bermetamorfosis menjadi madrasah riset yang dirintis sejak tahun 2008. Semua pendidik senantiasa berupaya membenahi diri demi kemajuan kualitas pendidikan di madrasah dengan memberikan pembelajaran yang terbaik di kelas.

Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, seorang pendidik harus mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman. Saat ini  anak-anak merupakan generasi Z yaitu generasi yang sudah  tidak asing dengan gadget dan  game. Sebagian besar anak-anak pada umumnya menyukai game atau permainan. 

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Saat ini anak-anak cenderung menyukai sesuatu yang bersifat kreatif dan  menyenangkan dalam berbagai aktivitas, termasuk dalam kegiatan belajar, sehingga penggunaan permainan atau games dapat  diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam menerima pembelajaran di kelas.

Pembelajaran matematika di MTsN Kota Batu di kelas 8 mempunyai alokasi waktu 5 JP dalam seminggu dengan dua kali pertemuan yakni 2 JP dan 3 JP. Ketika siswa menerima pembelajaran matematika dengan 3 JP tersebut, sebagai guru saya tertantang untuk  memikirkan bagaimana merancang aktivias pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan bagi siswa.

Alhamdulillah dengan adanya Pandemi Covid 2019 lalu, hikmah positifnya saya tertantang untuk belajar menyusun pembelajaran matematika dengan menggunakan media pembelajaran digital. Awal pandemi saya belajar membuat video pembelajaran dengan aplikasi kinemaster. Alhamdulillah saya bisa membuat video pembelajaran meskipun masih sederhana dan waktu itu saya merasa sudah berusaha keras, karena bisa dikatakan saya termasuk guru yang agak Gaptek. Kemudian saya belajar membuat kuis untuk anak-anak dengan media Quiziss.

Selain itu saya juga belajar membuat video pembelajaran dengan aplikasi Bandicam yang kemudian diupload ke YouTube.  Selain pembelajaran dengan media youtube  saya juga belajar  menggunakan beberapa aplikasi dalam pembelajaran matematika saya di kelas  yaitu pembelajaran dengan menggunakan geogebra, pembelajaran matematika dengan platform Alef. 

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Alhamdulillah anak-anak merasa senang ketika saya ajak belajar dengan beberapa aplikasi yang ada. Platform Alef juga sangat memudahkan guru dalama pembelajaran, karena dalam aplikasi tersebut sudah tersedia lengkap mulai dari materi, games,dan uji kompetensi. Selain itu Paltform Alef ini juga bisa diakses dengan handpone, sehingga anak-anak bisa belajar dengan lebih mudah dan praktis.

Pada akhir semester 1 dan semester 2 tahun pelajaran 2022/2023 ini saya mencoba mengajak murid-murid saya belajar dengan menerapkan aplikasi pembelajaran digital Wordwall. Saya mengenal aplikasi ini dari salah satu teman guru yang bertemu pada saat MGMP Mapel Matematika yang saya ikuti di bulan November 2022. Aplikasi ini mempunyai tampilan yang sangat menarik. Guru bisa  membuat beragam model soal sesuai dengan kreativitas  sesuai dengan berbagai kategori game pada platform ini, seperti jenis Match up, Random Wheel, Anagram, Wordsearch, true or false, dan lainnya.

Hal menarik lainnya, aplikasi  Wordwall memungkinkan guru dapat melihat dan memainkan game yang telah dibuat oleh anggota lain. Selain itu wordwall juga mendukung fitur bermain secara multilplayer dan offline. Setelah selesai dibuat guru  juga bisa dengan mudah membagikan game yang sudah dibuat diberbagai  media sosial seperti whatsapp, instragam dll. Selain itu tugas yang sudah diselesaikan siswa-siswa dalam satu kelas bisa disetting untuk muncul nilainya di akhir games, dan muncul nilai siswa berdasarkan peringkat nilai yang tertinggi. Hal ini membuat siswa semakin terpacu untuk mencapai skor yang tertinggi, karena saya memberikan reward bagi siswa yang berhasil mencapai nilai yang terbaik.

Berikut adalah suasana belajar di laboratorium komputer Mts Negeri Kota Batu ketika anak-anak belajar matematika.

 Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Setelah pembelajaran saya mencoba mewawancarai beberapa murid yang telah mencoba games ini, Rafi dari kelas 8C mengatakan: ”Seru Bu Rachmah pelajaran matematikanya hari ini, jadi gak sulit lagi Bu, kata Rafi” Perlu diketahui Rafi ini kalau di kelas memang cenderung kurang aktif dan sering merasa kesulitan bahkan mengantuk ketika pelajaran.

Alhamdulillah setelah kenal games ini motivasinya untuk belajar matematika bertambah, karena saya meliat ketika di lab.komputer, dia langsung antusias membuka buku catatan matematikanya yang terkait dengan materi Phytagoras. Bahkan malam harinya Rafi bertanya pada saya melalui whatsapp message meminta link games tadi, karena ingin mencobanya kembali di rumah, agar skornya bisa tertinggi. Pendapat siswa dari kelas 8A, Chindo namanya yang saya wawancarai juga mengatakan hal yang sama, dia mengatakan jadi suka belajar matematika, karena seru  gamesnya.

Melihat siswa-siswa saya menjadi bersemangat membuat saya pribadi sebagai guru mereka turut senang. Semoga pembelajaran dengan aplikasi ini menjadi pemicu anak didik saya untuk menyukai belajar matematika.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "Asyiknya Belajar Matematika dengan Games WordWall"