Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UKSW Jajaki Kerjasama dengan UIN Malang

KORAN EDUKASI – Utusan dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga hadir di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, pada Jumat (28/7/2923). Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag dan juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. H. A. Fatah Yasin, M.Ag dan juga Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Kelembagaan Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag hadir secara langsung menyambut hangat tamu dari UKSW.

Mengawali sambutannya, Prof. Umi menyampaikan permintaan maaf Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA tidak bisa hadir dikarenakan sedang menjalankan ibadah umrah. Selanjutnya Prof. Umi mengenalkan para dekan fakultas yang hadir, dan juga menyampaikan profil kelembagaan UIN Maliki Malang. Mulai dari sejarah singkat UIN Maliki Malang dan juga jumlah fakultas dan program studi program sarjana dan juga Pascasarjana beserta prodinya. "UIN Malang berupaya mengembangkan studi Islam dan kearifan lokal," paparnya.


UIN Malang, kata Prof. Umi, selalu terbuka untuk menjalin kerjasama dengan pihak luar, UIN Maliki Malang mendapat mandat dari Kementerian Agama untuk menjalin relasi baik dengan perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk bersama menguatkan moderasi beragama yang menjadi program prioritas pemerintah. "Jadi ini sangat relevan untuk menjalin kerjasama dengan lintas agama, tinggal menyesuaikan saja bentuk kerjasamanya yang sesuai dengan Tridharma perguruan tinggi," paparnya.

Sehingga pengembangan kajian lintas agama akan lebih konsen untuk dilakukan jika kerjasama dengan UKSW dengan UIN Maliki Malang dilakukan. Sehingga busa menghadirkan moderasi beragama yang inklusif, moderat dan saling menghargai satu sama lain. "Sehingga mampu menghadirkan keharmonisan dan menghadirkan ajaran agama yang toleran dan penuh perdamaian," harap Prof. Umi.


Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Hal senada juga disampaikan Dr. H. Isroqunnajah bahwa terlepas dari perbedaan UIN Maliki Malang bersama Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) telah mengelola perbedaan antar lintas agama. Jadi kehadiran UKSW ini untuk menjalin kerjasama dengan UIN Maliki Malang ini harus di follow up dengan serius.

Caranya bisa membuat satu kegiatan yang bisa disaksikan oleh dunia bahwa multikulturalisme di Indonesia ini bisa harmonis dan penuh kedamaian dan toleransi. "Setidaknya kerjasama ini harus ditindak lanjuti dengan kegiatan yang strategis," ajaknya.

Sementara itu, Pdt. Izak Lattu, Ph.D Dekan Fakultas Teologi UKSW dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadirannya di UIN Maliki Malang ini untuk menjalin silaturahmi sekaligus melakukan kerjasama dengan kampus PTKIN terbaik di Malang. "Terima kasih atas sambutan hangatnya dari UIN Maliki Malang," ungkapnya.

Relasi lintas agama di UKSW, kata dia, terus dikembangkan melalui pembukaan Prodi Sosiologi Agama, sehingga dengan adanya prodi baru tersebut bisa dilakukan langkah strategis untuk bisa menjalin kerjasama dengan UIN Maliki Malang. "Dengan adanya kerjasama ini para dosen dan mahasiswa UKSW bisa berkolaborasi melakukan risetnya dengan UIN Maliki Malang," tegasnya.

UKSW selama ini memiliki jalinan relasi yang baik dengan temen-temen muslim, bahkan UKSW ini menyiapkan slot juga untuk mahasiswa muslim yang berminat untuk bergabung dengan kampus UKSW. "Kami terbuka sekali untuk menjalin relasi dan riset bersama," ungkapnya.

"Oleh sebab itu, Saya berharap rencana kerjasama ini bisa dilakukan khususnya untuk tridharma perguruan tinggi," tutupnya.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "UKSW Jajaki Kerjasama dengan UIN Malang"