Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kukuhkan 2 Guru Besar, UIN Malang Warnai Akademik Dengan Integrasi Sains-Islam

KORAN EDUKASI – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang resmi mengukuhkan dua guru besar baru. Pengukuhan berlangsung dalam Sidang Terbuka Senat Akademik UIN Malang, Selasa (15/8). Kedua guru besar tersebut adalah Prof. Dr. Sudirman Hasan, M.A, CAHRM., dan Prof. Dr. H. Langgeng Budianto, M.Pd.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H. M. Zainuddin, MA., mengucapkan selamat kepada para guru besar yang dikukuhkan dan menyampaikan pesar agar para guru besar yang telah dikukuhkan senantiasa mengabdi di UIN Malang, “Selamat kepada Prof. Sudirman dan Prof, Langgeng atas jabatan akademik barunya, semoga para guru besar dapat terus mengabdi untuk UIN Malang menyelaraskan tugas, pokok dan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi,” pesannya dalam sambutan.

Senada dengan hal tersebut, Ketua Senat UIN Malang, Prof. Ahmad Muhtadi Ridwan, M.Pd., berpesan bahwa kesempatan untuk bersinergi dan berkolaborasi para guru besar dengan jejaring tingkat global akan menjadi lebih terbuka.  

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Dengan kapasitas keilmuannya yang mumpuni dan peran sosialnya yang besar di tengah masyarakat, keempat Guru Besar UIN Maliki Malang yang baru saja dikukuhkan ini diyakini dapat mendedikasikan ilmunya dan bersanding sejajar dengan komunitasnya di panggung global.

“Semoga predikat guru besar yang telah disandang merupakan wujud totalitasnya dalam mengabdi dan menginspirasi seluruh civitas untuk memberikan kontribusi besar yang berarti bagi kemaslahatan masyarakat serta kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” ungkapnya.

Kedua Guru Besar baru UIN Maliki Malang dikukuhkan atas kontribusi di bidang ilmu masing-masing. Prof. Dr. Sudirman Hasan, M.A, CAHRM. dikukuhkan menjadi Guru Besar dalam Bidang Ilmu Hukum Islam dengan pidato inaugurasi berjudul “Rekonstruksi Hukum Wakaf Ahli Untuk Ketahanan Keluarga.”

Sedangkan Prof. Dr. H. Langgeng Budianto, M.Pd dikukuhkan menjadi Guru Besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris dengan pidato inaugurasi menjadi guru besar dalam Bidang Ilmu Integrating Islamic Values in the Teaching of English to Indonesian Islamic Medical Students.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Prof. Sudirman, dalam pidatonya, menunjukkan bahwa wakaf ahli selama ini sering dianggap sebagai sumber masalah di masyarakat. Hal ini disebabkan oleh stigma bahwa wakaf ahli dapat mengurangi bagian waris dan menjadi sumber konflik keluarga. Padahal, menurutnya, wakaf ahli dapat memberikan manfaat yang tak kalah hebat dengan wakaf khairi jika dikelola dengan manajemen yang benar, 5 salah satunya dengan rekonstruksi hukum. Oleh sebab itu, rekonstruksi hukum wakaf ahli menjadi sebuah keniscayaan, menurutnya. “Kita tahu, selama ini problem dari wakaf ahli yang bersumber dari konflik keluarga. Oleh karenanya, perlu dikupas sejumlah problem wakaf ahli dan cara penyelesaiannya sehingga wakaf ahli masih tetap relevan sampai saat ini,” terangnya.

Sementara Prof. Dr. H. Langgeng Budianto, M.Pd., yang juga menjabat sebagai Kaprodi Tadris Bahasa Inggris FITK, menerangkan konsep pengajaran bahasa inggris untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa kedokteran yang mengintegrasikan antara nilai-nilai Islam dan kesehatan medis yang nantinya membawa beberapa dampak positif. "Kebutuhan kedokteran dengan pengajaran dalam bahasa inggris sangat diperlukan karena nantinya akan membawa impact yang baik," terangnya.

Kemudian, ia menambahkan, beberapa implikasi pedadogik tersebut salah satunya adalah pemanfaatan platform multimedia dan interaktif teknologi dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan mempromosikan pemahaman yang lebih dalam tentang integrasi proses. "Salah satu impact baik itu ketika mahasiswa kedokteran yang memanfaatkan multimedia dan teknologi dalam rangka mengenalkan dan memahami proses integrasi," imbuh beliau sekaligus menutup pidato inaugurasinya.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "Kukuhkan 2 Guru Besar, UIN Malang Warnai Akademik Dengan Integrasi Sains-Islam"