Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Temu Wali Maba 2023, Rektor Sampaikan Tiga Distingsi UIN Malang

KORAN EDUKASI - UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menggelar acara rutin tahunan yaitu Temu Wali Mahasiswa baru yang dikemas dalam kegiatan sosialisasi akademik dan kemahasiswaan bagi wali mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024, Sabtu (19/8/2023).

Acara tersebut digelar di Gedung H. M. Soeharto Lt. 2. Agenda rutin ini dihadiri lebih dari 4000 wali mahasiswa tahun 2023. Rektor beserta seluruh jajarannya dan dekanat hadir langsung dalam agenda ini.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag dalam laporan akademiknya menyampaikan bahwa peminat calon mahasiswa baru tahun 2023 di UIN Maliki Malang mencapai 59.505 orang, sedangkan yang diterima hanya 4.217. "Ini artinya putra putri Bapak Ibu sekalian yang sudah diterima di UIN Maliki Malang bersaing 1:14," paparnya.



UIN Maliki Malang, memiliki lima jalur penerimaan mahasiswa baru mulai dari jalur SNBP, SNBT, SPAN PTKIN, UM PTKIN dan Juga Jalur Mandiri. Sekali lagi selamat atas diterimanya putra putri bapak ibu di UIN Maliki Malang.

Diterima di kampus yang sudah bertekad menjadi kampus unggul bereputasi internasional dan Bapak Ibu telah melakukan pilihan yang tepat untuk menitipkan putra putri bapak ibu di UIN Maliki Malang. "Dalam pendidikan di UIN Maliki Malang memadukan pendidikan tinggi dengan pesantren untuk membentuk karakter Ulul Albab. "Lulusan UIN Malang diharapkan menjadi lulusan yang ulul albab yang Islami," harapnya.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Sementara itu, Rektor UIN Maliki Malang Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk menyambung silaturahmi dengan orang tua wali. Perlu diketahui bahwa di UIN Maliki Malang ini tidak hanya kuliah saja. Akan tetapi, para mahasiswa ini juga diwajibkan mondok di UIN Maliki Malang. "Oleh karena itu, putra putri bapak akan tinggal di makhad selama satu tahun untuk belajar ilmu agama dan juga bahasa asing," tuturnya.

UIN Maliki Malang memiliki tiga distingsi atau cirikhas yang selalu melekat dengan kampus berlogo Ulul Albab ini yaitu adanya dunia pesantren yang akrab dikenal dengan makhad al Jamiah. Kedua UIN Maliki Malang juga memiliki lembaga pusat bahasa yang berfungsi untuk mengembangkan bahasa asing yaitu bahasa arab, inggris dan juga bahasa mandarin. Dan distingsi yang ketiga UIN Maliki Malang memiliki lembaga Haiah Tahfidzul Qur'an (HTQ). "Alhamdulillah, Jumat kemarin (18/8/2023) HTQ telah mewisuda 142 hafidz, dan jumlah penghafal Alquran secara keseluruhan terdapat 3000 lebih," jelasnya.

Tentunya. Tambah dia, hal ini merupakan kebanggaan bagi UIN Maliki Malang sendiri, selain penghafal Alquran juga ada 460 mahasiswa asing dari 34 negara yang kuliah di UIN Maliki Malang dan setiap tahun UIN Maliki Malang mendapat penghargaan dari Kementerian Agama. "Alhamdulillah UIN Malang ini menjadi miniatur ke Indonesia karena didalamnya ada ras suku budaya dan agama yang berbeda," paparnya.

Hal ini sesuai dengan surat al hujurat bahwa allah telah menciptakan manusia ini bersuku dan berbangsa-bangsa, dan inilah UIN Maliki Malang yang terus berpacu mencapai mimpinya yaitu menjadi kampus unggul bereputasi internasiona. "Kedepan UIN Maliki Malang ingin menjadi pusat peradaban Islam dunia terbesar," doanya.

Selama di pesantren, mahasiswa UIN Maliki Malang akan dibekali aqidah yang baik dan memiliki kepribadian yang unggul dan toleran serta cinta NKRI. Oleh sebab itu, di UIN Maliki Malang memiliki pusat kajian moderasi beragama. "Alhamdulillah tidak ada satupun mahasiswa UIN Malang yang terpapar faham radikalisme dan ini berkat bimbingan dari seluruh mudir ma'had dan juga dosennya," paparnya.

Peran orang tua sangat diharapkan, jangan hanya pasrah kepada kampus ini karena pendidikan ini menjadi tanggung jawab semuanya mulai dari pemerintah, para guru dan dosen serta orang tua wali mahasiswa.

"Kami, akan memberikan pendidikan yang terbaik untuk putra putri bapak dan kami mohon bapak ibu ikut berperan aktif dalam mengontrol perkembangan pendidikan putra putrinya," harapnya.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "Temu Wali Maba 2023, Rektor Sampaikan Tiga Distingsi UIN Malang "