Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangga, 5 Kampus Indonesia Masuk Top 500 PT Terbaik Dunia Versi QS WUR

 

Bangga, 5 Kampus Indonesia Masuk Top 500 PT Terbaik Dunia Versi QS WUR

Jakarta, KORAN EDUKASI - Berita menggembirakan sekaligus membahagiakan bagi warga kampus di Indonesia. Hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah, Kemendikbudristek yang berkomitmen untuk mendorong perguruan tinggi di Indonesia harus bisa menembus capaian sebagai perguruan tinggi unggulan.

Terbukti, sebanyak 6 perguruan tinggi di Indonesia telah berhasil menembus angka 500 besar dalam pemeringkatan perguruan tinggi tingkat dunia versi QS World University Ranking (WUR). Kabar baik ini diterima melalui pengumuman resmi yang diperoleh dari laman QS WUR www.topuniversities.com, pada tanggal 8 Juni 2022, pukul 21.00 BST atau tanggal 9 Juni 2022 pukul 03.00 WIB. 

Adapun kelima perguruan tinggi unggulan Indonesia yang masuk 500 perguruan tinggi terbaik tersebut adalah:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM),  yang dalam empat tahun terakhir peringkatnya terus naik mengungguli perguruan tinggi Indonesia lainnya, tepatnya berada di  peringkat 231,
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB), di peringkat 235,
  3. Universitas Indonesia (UI), di peringkat 248,  
  4. Universitas Airlangga (Unair), di peringkat 369, dan
  5. Institut Pertanian Bogor (IPB),  peringkat 449.

Tentu, capaian ini adalah kemajuan yang luar biasa. Sebagaimana yang dilansir di laman https://dikti.kemdikbud.go.id, sebagai bukti dukungan pemerintah, pada tahun 2022 ini program pengembangan World Class University Rankings (WCU) di perguruan tinggi akan diperkuat oleh pendanaan dari Pemanfaatan Dana Abadi Perguruan Tinggi (DAPT). Komitmen ini mengacu pada amanat dari Peraturan Presiden Nomor 111 tentang Dana Abadi Pendidikan.

Posting Komentar untuk "Bangga, 5 Kampus Indonesia Masuk Top 500 PT Terbaik Dunia Versi QS WUR"