Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cetak Entrepreneur Muda, Mahasiswa IST Annuqayah “Kuliah" ke Pabrik Kripik

 


Cetak Entrepreneur Muda, Mahasiswa IST Annuqayah  “Kuliah’ ke Pabrik Kripik

Sumenep, Koran Edukasi - Mahasiswa Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah Prodi Biologi FMIPA melaksanakan study tour atau kunjungan lapang untuk belajar ke salah satu pabrik kripik, UD DUA SAUDARA yang berada di Kecamatan Manding pada Selasa (14/06) pukul 12:30 WIB. Kegiatan tersebut merupakan agenda perdana yang dilakukan Mahasiswa angkatan 2019 untuk memenuhi tugas UTS mata kuliah Kewirausahaan.

Sebagaimana yang disampaikan dosen kewirausahaan sekaligus peandamping lapangan, Bapak Argus, M.Si., kegiatan itu diharapkan mampu memotivasi mahasiswa agar bisa membuka wawasan untuk menghadapi pasar global saat ini. "Kunjungan ini, saya harap dapat  memotivasi dan membuat mahasiswa bisa berfikir kreatif dan inovatif serta berjiwa entrepreneur", ungkap dosen kelahiran Gili iyang itu.

Senada dengan hal itu, Bapak Jawazi selaku pemilik usaha UD DUA SAUDARA yang dirintis pada tahun 2006 tersebut, menyampaikan bahwa langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang entrepreneur adalah bagaimana membangun mindset yang baik. Hal ini bertujuan agar segala usaha yang diinginkan mudah tercapai.

"Pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan pola pikir yang baik. Misalnya, bagaimana kita bisa ikut jejak Nabi Muhammad SAW. Beliau merupakan wirausahawan yang harus dicontoh, bahkan sebelum Nabi diangkat menjadi Rasul. Tidak hanya lintas Desa, beliau berdagang menjadi entrepreneur hingga ke Negri Syam dan Syiria. Sampai beliau bisa memberi mahar kepada salah satu isteri beliau mahar 300 unta.", tuturnya di sela-sela penyampaian motivasi seputar kewirausahaan kepada mahasiswa.

Salah satu tanda kegagalan dalam berwirausaha, lanjutnya, adalah tidak pernah pesimis sebelum bertindak dan mengupayakan usaha yang dinginkan. "Harus dihindari mindset yang kurang baik dalam otak kita, action harus selalu didahulukan. Dan sifat yang harus dimiliki seorang wirausaha adalah kemauan dan kejujuran", tambah pria yang tergabung dalam Komunitas HIPSI itu.

Ach. Zaini, salah satu mahasiswa Biologi IST Annuqayah menuturkan bahwa ia berharap agenda perdana tersebut tidak hanya menjadi forum transfer ilmu dan pengalaman, namun bisa membantu mahasiswa menjadi seorang wirausaha ketika sudah menyelesaikan pendidikan.(*)

Pewarta: Syamilul Hikam (Mahasiswa Biologi semester 6 IST Annuqayah)

Posting Komentar untuk "Cetak Entrepreneur Muda, Mahasiswa IST Annuqayah “Kuliah" ke Pabrik Kripik"