Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Growth Mindset sebagai Kunci Meraih Sukses

 Rista SyaĆ­llatun Nandiroh

Mahasiswa Universitas Islam Malang, Penerima Beasiswa Cendekia Baznas 2022.

Growth mindset merupakan suatu pemikiran seseorang yang tumbuh dan mempercayai bahwa kemampuan  dapat berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan kerja keras. Orang yang memiliki growth mindset cenderung lebih optimis dalam meraih mimpinya karena orang dengan pemikiran growth mindset lebih menghargai proses dalam mengembangkan kemampuan dan bakatnya, berbeda dengan orang yang memiliki kemampuan fixed mindset, orang dengan kemampuan fixed mindset lebih mempercayai bahwa bakat dan kemampuan seseorang merupakan bawaan dari lahir dan tidak bisa diasah sehingga orang dengan pemikiran fixed mindset cenderung menghargai hasil dan mudah puas dengan kemampuan yang dimiliki. 
 

Berikut merupakan beberapa komitmen yang bisa sahabat cendekia baznas terapkan untuk bisa membangun growth mindset dalam diri, yaitu:

Pertama, Menanamkan Sikap Optimis

Sikap optimisi akan membuat diri kita selalu berpikir positif dalam meraih apa yang dicita-citakan. Positif untuk berhasil, positif untuk bisa lebih baik, dan fikiran positif-positif lainnya yang menghilangkan keraguan kita dalam memperjuangkan mimpi, sehingga lebih siap untuk menghadapi rintangan kedepan yang menghalangi proses kita.

Kedua, Aktif mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan diri

Dengan mengikuti kegiatan pengembangan diri dapat meningkatkan percaya diri kita yang membuat kita yakin bahwa sebenarnya diri kita memiliki banyak potensi yang perlu terus dikembangkan dan dilatih. Dengan begitu akan memancing diri kita untuk memiliki list target mengenai kemampuan apa saja yang ingin kita pelajari dan kita kembangkan dalam diri.

Ketiga, Menghargai diri sendiri

Terkadang kita sudah bekerja dengan keras namun hasil yang kita dapatkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, orang yang memiliki growth mindset selalu percaya dengan kemampuan yang dimiliki dirinya, dan orang yang mahir dulunya berasal dari orang amatir yang tak berhenti berusaha. Untuk itu perlu menghargai setiap usaha dan progres yang kita miliki.

Nah, itu merupakan beberapa komitmen yang bisa kawan-kawan lakukan untuk membangun growth mindset dalam diri, tentunya diperlukan konsistensi disetiap penerapannya. Growth mindset terbukti membantu diri kita dalam meraih setiap goals. Hal ini berdasarkan pengalaman yang saya alami ketika akan mengikuti kegiatan Studi Independent salah satu program MBKM, banyak diantara mahasiswa-mahasiswa lain yang tidak percaya diri untuk bisa lolos seleksi program tersebut yang pertama karena banyaknya berkas yang dipersiapkan, proses seleksi, dan juga pesaing yang begitu banyak. 

Orang yang memiliki pemikiran fixed mindset ketika mengetahui proses pendaftaran yang begitu panjang akan memutuskan untuk tidak mendaftar karena mereka cenderung memilih zona nyaman dan menganggap dirinya tidak memiliki kesempatan dan merasa ragu atas kemampuannya sendiri. Berbeda dengan orang yang memiliki pemikiran growth mindset akan menganggap hal itu sebagai sebuah peluang yang justru akan membuatnya lebih semngat mempersiapkan dirinya untuk menghadapi setiap proses seleksi, karena tidak ada usaha yang sia-sia meskipun hasil yang didapatkan belum sesuai dengan apa yang diharapkan. []

Posting Komentar untuk "Growth Mindset sebagai Kunci Meraih Sukses"