Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Matematika Tak Sebatas Angka (Bagian 2-Habis)

 Matematika Tak Sebatas Angka (Bagian 2-Habis)
 
Muhammad Hifni
Penulis Buku “Matematika Kehidupan”. Dosen Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Anjani dan STMIK NW Anjani Mataram


KORAN EDUKASI – Materi vektor juga pasti tak asing dalam benak kita. Materinya ada di jenjang SMA/MA. Menurut pengertiannya, vektor adalah besaran yang mempunyai titik pangkal dan arah. Terdapat dua unsur yang menentukan suatu vektor, yaitu sebuah titik pangkal dan tujuan. Jika kedua unsur ini tidak dipenuhi, maka tidak disebut sebagai suatu vektor.

Jika ditelisik dan dihayati lebih dalam, teori vector dapat dijadikan sebagai filosofi hidup. Yakni, hendaknya dalam kehidupan ini kita harus memiliki dua hal penting dalam setiap bertindak, yaitu niat dan tujuan. Keduanya harus baik dan positif. Niat hidup ini adalah ibadah dan membawa kebermanfaatan bagi sebanyak mungkin orang dan lingkungan kita. Jika niat belum tepat, harus diluruskan dan diperbaiki dulu.

Jika niat dan tujuan sudah baik, maka dengan kuasa Allah, jalan yang kita tapaki untuk meraih tujuan tersebut akan lebih muda dirasakan. Ketika ada rintangan dan hambatan, kita akan bilang, “Ada Allah yang menyertaiku.” Seketika hati akan tetap tersenyum dan tetap bersemangat meraih apa yang menjadi tujuan yang sudah direncanakan.

Posting Komentar untuk " Matematika Tak Sebatas Angka (Bagian 2-Habis)"