Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IAIN Pekalongan Jadi UIN “Gus Dur”

 IAIN Pekalongan Jadi UIN “Gus Dur”



Pekalongan –KORAN EDUKASI Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan telah meningkat statusnya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Tepatnya berubah nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid atau disingkat UIN Gus Dur. Perubahan ini didasarkan atas terbitnya Perpres Nomor 86/2022 tentang Universitas Islam Negeri KH Abdurrahman Wahid Pekalongan. 

Perubahan IAIN Pekalongan menjadi UIN Gus Dur ini memenuhi harapan masyarakat luas, yang menginginkan bahwa lembaga pendidikan tinggi Islam harus memiliki komitmen untuk menjadi perguruan tinggi unggulan yang dapat dibanggakan umat Islam. Dengan bertransformasi menjadi UIN, maka UIN Gus Dur menyelenggarakan program pendidikan tinggi yang integratif, yakni menyelenggarakan program studi ilmu agama Islam dan ilmu umum.

Teknis penyelenggaraan untuk program studi ilmu agama Islam akan dilakukan di bawah koordinasi Kementerian Agama. Sedangkan program studi ilmu umum diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

Profesor Zaenal Mustakim, Rektor UIN Gus Dur, menjelaskan bahwa penamaan IAIN Pekalongan menjadi UIN KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini memiliki makna yang mendalam. Karena kampus ini (UIN Gus Dur, red) ingin menyerap berbagai spirit perjuangan Gus Dur. Selain itu, perubahan kampus ini juga harus diikuti dengan adanya semangat transformasi keilmuan, secara menyeluruh, sehingga keberadaan UIN Gus Dur benar-benar dapat memebrikan manfaat bagi masyarakat secara luas.(uin)

Posting Komentar untuk " IAIN Pekalongan Jadi UIN “Gus Dur”"