Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puncak Haul ke-51, Sematkan KH. Abdul Wahab Hasbullah adalah Wali Peradaban

Jombang, KORAN EDUKASI - Malam puncak Haul KH. Abdul Wahab Hasbullah yang ke-51 sukses diselenggarakan di halaman kantor Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum (YPPBU). Acara ini digelar pada Sabtu(11/6), mulai pukul 20.00 hingga tengah malam.

Rangkaian kegiatan haul ke-51 ini dimulai dengan membaca do’a Tahlil dan do'a Khotmil Qur'an yang dipimpin oleh KH. Mushodiq Fikri Faruq, yang juga termasuk cicit KH. Abdul Wahab Hasbullah. Kemudian lantunan ayat-ayat suci Al-Quran, oleh Ustadz H. Zulfikar Basyaiban Al-Idrisi. Setelah itu, semua hadirin diajak berdiri untuk melantunkan Lagu Indonesia Raya dan Ya Ahlal Wathon, yang merupakan karya Mbah Yai Wahab

Pada kesempatan itu, hadir menggantikan Ketua Umum PBNU, ialah Wakil Ketua Umum PBNU,KH. Zulfa Musthofa, Bupati Jombang, Nyai Hj. Mundjidah Wahab, KH. Ahmad Muwafiq, dan para masyayikh. Sementara Gubernur jawa Timur, diwakili diwakili oleh bapak staf ahli gubernur Jatim bidang kemasyarakatan dan SDM, Dr. Akhmad Jazuli, S. H, M.SI. Di samping juga hadir para dzurriyah Mbah Yai Wahab, para santri, alumni, dan masyarakat umum.

Untuk mengenang dan mengabil pelajaran dari perjuangan Mbah Yai Wahab, Ir. H. Romahurmuzy, yang hadir pada acara malam tersebut didapuk untuk menyampaikan narasi biografi Mbah Yai Wahab. "Kyai Wahab itu adalah fundamentalis pergerakan, artinya yang tidak pernah diam, terus pergerakan. Karena kata Deskartes, manusia itu disebut manusia karena berpikir, "Cogito ergo sum" saya berpikir maka saya ada, maka jangan sampai biarkan kita melamun tanpa berpikir. Kyai Wahab juga dikenal sebagai sosok yang menghasilkan inovasi tanpa henti".

Selanjutnya sambutan Gubernur Jawa Timur, yang kali ini diwakili oleh bapak staf ahli gubernur Jatim bidang kemasyarakatan dan SDM, Dr. Akhmad Jazuli, S. H, M.SI. Beliau menyampaikan bahwa Bu Khofifah Indra Parawansa berhalangan menghadiri acara ini dikarenakan harus menghadiri rapat di Surabaya.Setelah pemutaran video sejarah singkat KH. Abdul Wahab Hasbullah, Kemudian Wakil Ketua PBNU, KH. Zulfa Musthofa, menyampaikan mauidzoh pertama. Beliau membawakan beberapa syi'ir karangan beliau sendiri, yang berisi bahwa Mbah Wahab ini adalah ulama yang mata rantai keilmuannya sambung dengan Syekh Nawawi Al-Bantani, bersama dengan ulama' Nusantara lainnya. 

"Gus Yahya dalam buku itu (PBNU) menyebut KH. Abdul Wahab Hasbullah adalah Wali Peradaban. Karena memang luar biasa, Mbah Wahab itu pada masanya sudah berfikir jauh bahwa peradaban kehidupan manusia itu terus berubah. Maka itulah kemudian mendirikan Taswirul Afkar, kemudian Nahdlatul Wathon, kemudian Nahdlatul Tujjar sampai akhirnya Komite Hijaz dan Nahdlatul Ulama', itu karena beliau ingin membuat sebuah organisasi yang membawa misi peradaban, ingin dunia ini hidup dalam tata kehidupan yang baru, yang harmonis, penuh penghargaan, penghormatan terhadap sesama manusia dalam kesetaraan. Luar biasa Mbah Wahab ini. " Sambung beliau. 

Sedangkan, Mauidzoh kedua disampaikan Gus Muwafiq. Beliau menyampaiakan bahwa Mbah Wahab menciptakan Lagu Ya Ahlal Wathon itu bukan omong kosong, Lagu yang berisikan cinta tanah air itu adalah sebagian dari iman. Buktinya adalah kegiatan kegiatan santri yang luar biasa, termasuk Haul ini, dengan acara seperti pasti roda ekonomi berputar. 

Ziaroh para wali dan para guru pun juga sebagai bentuk dasar cinta tanah air, karena dengan ini, santri akan mengenal dan mencintai tanah dimana para Kyai dimakamkan, tidak mungkin santri berani meneror atau mengebom karena takut dan tawadhu pada Kyai yang dimakamkan di daerah tersebut. Begitu juga dengan kepatuhan santri terhadap kebijakan negara sebagai bentuk rasa cinta tanah air mereka. Beliau memberikan banyak gambaran tentang rasa cinta tanah air santri. 

Kegiatan haul ke-51 ini, diakhiri dengan bersama-sama membaca doa sebagai penutup yang dipimpin oleh KH. Abdul Hakim Mahfudz, pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng dan yang kedua oleh KH. Ahmad Hasan, pengasuh ribath As-Saidiyyah 2 Bahrul Ulum.

Posting Komentar untuk "Puncak Haul ke-51, Sematkan KH. Abdul Wahab Hasbullah adalah Wali Peradaban"