Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adaptif, MTs dan MA Kalifa Nusantara Gelar Workshop IKM dan Review Kurikulum

Adaptif, MTs dan MA Kalifa Nusantara Gelar Workshop IKM dan Review Kurikulum

Bali – Koran Edukasi - MTs dan MA Kalifa Nusantara pada hari Selasa s.d Kamis, 5-7 Juli 2022 mengadakan wokshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan Review Kurikulum MTs Kalifa Nusantara TP. 2022/2023. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru pada dunia pendidikan, menurut BSNP kurikulum ini mengacu pada pendekatan bakat dan minat dimana siswa dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya. Kurikulum ini adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Workshop IKM yang dilaksanakan di Madrasah Kalifa Nusantara Denpasar bertujuan mempersiapkan para guru untuk menghadapi kurikulum merdeka, dimana kurikulum ini akan dijadikan kurikulum nasional pada tahun ajaran baru mendatang. Pada pelaksanaanya workshop di Madrasah dengan akreditasi unggul tersebut, menghadirkan 2 narasumber dari bidang pendidikan yaitu narasumber pertama Bapak Haris Budi Santoso, S.Pd, M.Pd selaku Widyaswara Balai Diklat Kementerian Agama Kota Denpasar. Narasumber kedua Ibu Dr. Ni Made Suciani, S.Pd, M.Pd selaku Widyaiswara Balai Diklat Provinsi Bali.

 


Pelaksanaan Workshop IKM di MTs dan MA Kalifa Nusantara pada hari pertama dibuka dengan penuh semangat oleh Kepala Seksi Bidang Pendidikan Islam Kemenag Kota Denpasar yaitu Ibu Hj, Ninik Surani S.Pd.I, MA. Pada pembukaan ini beliau mengatakan bahwa pelaksanan workshop ini diharapkan mampu memberi pengetahuan yang lebih terhadap bapak ibu guru dalam menghadapi kurikulum merdeka jika pada tahun ajaran baru mendatang akan mengimplementasikan, sehingga dalam pelaksanaanya nanti bisa mengoptimalkan pembelajaran kepada peserta didik menggunakan kurikulum baru. Beliau juga berpesan, bahwa Kalifa Nusantara sudah memiliki sarana dan prasarana yang memadai serta SDM yang cukup mumpuni dan berkualitas. Ia sangat yakin bahwa Madrasah Kalifa Nusantara akan menjadi percontohan untuk madrasah-madrasah lain di Kota Denpasar dan umumnya di Provinsi Bali.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

 

Pada hari kedua, workshop dilanjutkan dengan sosialisasi kurikulum merdeka  oleh Ibu Hj. Redyan Nurjannah, S.Pd, M.Pd. selaku pengawas MTs dan MA Kota Denpasar, pada sosialisasi ini beliau menjelaskan lebih lanjut mengenai kurikulum merdeka, serta memberikan gambaran bagaimana kurikulum merdeka ini diterapkan serta instrument instrument pembelajaran yang harus disiapkan untuk menyongsong kurikulum merdeka. Di akhir paparan beliau, berpesan bahwa guru guru MTs dan MA Kalifa Nusantara untuk selalu aktif dan mencari berbagai sumber tentang kurikulum merdeka. Menurut beliau MTs dan MA Kalifa Nusantara dianggap mampu dan bisa melaksanakan kurikulum ini.


Sosialisasi IKM selanjutnya oleh narasumber kedua yaitu Ibu Dr. Ni Made Suciani, S.Pd, M.Pd Untuk memberikan semangat pada bapak ibu guru peserta IKM beliau membuat slogan sebagaimana slogan kemenag yaitu “Guru hebat semua, madrasah mandiri berprestasi” dan ketika ditanya untuk apa datang kesini maka Jawabanya “bersenang senang“. Dengan slogan ini diharapkan mampu menambah semangat para peserta workshop.  Dalam sosialisasi ini beliau menjelaskan secara detail tentang kurikulum merdeka, yaitu antara lain Implementasi Kurikulum merdeka, Penyusunan Kurikulum Operasional Sekolah atau Madrasah, Penyusunan Tujuan Pembelajaran, dan Alur tujuan Pembelajaran, serta profil pelajar pancasila. Sosialisasi ini diberikan selama 2 hari mengingat waktu yang tidak memenuhi.

 


Workshop dihari ketiga ditutup dengan sesi penyusunan review kurikulum MTs Kalifa Nusantara yang dipimpin oleh Moh. Ali, SE, M.Pd selaku kepala madrasah. Kemudian dilanjut dengan diskusi berupa tanya jawab oleh para guru yang belum mengerti tentang kurikulum merdeka. Pada akhir sesi Bapak Ali memberikan refleksi tentang pelaksanaan workshop yaitu berisi tentang sejauh mana pemahaman tentang kurikulum merdeka.(mis/ke).

Pewarta: Misbahuddin, S.Pd

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/


Posting Komentar untuk " Adaptif, MTs dan MA Kalifa Nusantara Gelar Workshop IKM dan Review Kurikulum"