Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LP Ma’arif NU Anugerahi Penghargaan untuk 3 Tokoh Pendidikan NU

LP Ma’arif NU Anugerahi Penghargaan untuk 3 Tokoh Pendidikan NU

Malang, Koran Edukasi - Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memberikan penghargaan kepada tiga tokoh pendidikan NU. Hal ini diberikan pada saat berlangsungnya pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LP Ma'arif NU di Universitas Islam Malang (Unisma), pada Sabtu (27/8/2022).

Ketua LP Ma'arif PBNU Prof Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan bahwa Penghargaan LP Ma'arif diberikan dalam rangka memotivasi penggerak pendidikan NU di era sekarang.

“Ma'arif Award ini diberikan untuk membangun motivasi dan inspirasi atas perjuangan dari orang tua kita di saat mereka berjibaku melakukan ikhtiar untuk peningkatan martabat dan kualitas bangsa melalui pendidikan,” kata Prof Ramdhani.

“Tiga tokoh tersebut telah menaruh kontribusi besar bagi pendidikan NU yang perlu diteladani oleh penggerak LP Ma'arif dan penggerak pendidikan NU.”, lanjut Prof Ramdhani.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Adapun tiga tokoh itu KH Bisri Mustofa (Rembang, Jawa Tengah), Prof KH Anwar Musaddad (Garut, Jawa Barat), dan Prof KH Muhammad Tolchah Hasan (Malang, Jawa Timur).

KH Bisri Mustofa Rembang diberikan anugerah tokoh teladan dengan karya literasi monumental. Ratusan karya tulisnya merupakan sumbangsih intelektual dalam membangun pendidikan bagi warga Nahdliyin. Di antara karya monumentalnya adalah Tafsir Al-Ibriz.

Sedangkan, Prof KH Anwar Musaddad Garut dianugerahi penghargaan tokoh pembaharu dalam kajian integrasi keilmuan di lingkungan pendidikan formal. Ulama yang menguasai empat bahasa asing itu merupakan perintis berdirinya Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) Yogyakarta dan Bandung. Beliau tercatat sebagai guru besar ilmu perbandingan agama.

Wakil Rais Aam PBNU di era Rais Aam KH Bisri Syansuri ini mendirikan pendidikan formal terpadu, yaitu Pesantren Al-Musaddadiyah dengan pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Sosoknya juga dikenal dengan pandangannya yang menarik, mengulamakan intelektual dan mengintelektualkan ulama.

Adapun Prof KH M Tolchah Hasan dianugerahi penghargaan tokoh teladan dalam pendirian lembaga pendidikan bereputasi baik. Hal ini sangat layak diberikan kepadanya mengingat kiprahnya dalam mendirikan lembaga pendidikan Islam unggulan di banyak daerah.

Kiai Tolchah juga pernah mengemban amanah sebagai Rektor Unisma Malang, Menteri Agama di era Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan Wakil Rais Aam PBNU 2004-2010.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk " LP Ma’arif NU Anugerahi Penghargaan untuk 3 Tokoh Pendidikan NU "