Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guru dari Thailand Gali Best Practice lewat ‘Teacher Training’ di UNESA

Guru dari Thailand Gali Best Practice lewat ‘Teacher Training’ di UNESA

Surabaya –Koran Edukasi– Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus bersinergi mengembangkan kerja sama dengan berbagai mitra luar negeri. Salah satu implementasi dari kerja samanya itu, Jurusan Manajemen Pendidikan menggelar “Teacher Training” yang dihadiri para guru, kepala sekolah, dan direktur sejumlah sekolah dari Padangbesar Municipality, District Sadao, Provinsi Songkhla, Thailand.

Teacher Training ini diselenggarakan pada Selasa, 20 Desember 2022 di Auditorium Gedung O6 FIP. Syunu Trihantoyo, S.Pd., M.Pd., selaku Ketua Jurusan Manajemen Pendidikan mengatakan, kegiatan ini juga dihadiri Atase Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia untuk Thailand, Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D., yang memberikan sambutan dan pengarahan secara daring dari Bangkok, Thailand.

Syunu menambahkan bahwa tema yang dibahas pada kegiatan teacher training tersebut berkaitan dengan classroom management, dengan materi yang disampaikan berupa best practices pengelolaan kelas yang menarik, menyenangkan, powerfull, dan student oriented.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

“Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh kerja sama reciprocal antara jurusan Manajemen Pendidikan dengan sekolah-sekolah yang ada di Songkhla Province, Thailand,” tambahnya.

Selain itu, para guru, kepala sekolah, sampai direktur yang mengelola dan mengajar di sekolah tersebut mengaku tertarik dan penasaran melihat secara langsung pembelajaran yang ada di Indonesia untuk menimba ilmu dan pengalaman tentang pengelolaan kelas. Apalagi saat ini Indonesia telah menerapkan kurikulum merdeka belajar.

“Dari sanalah mereka ingin belajar terkait bagaimana kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan berbasis proyek atau studi kasus sesuai implementasi kurikulum merdeka,’ ucapnya.

Dia menambahkan bahwa para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, karena materi yang menarik ditambah kesempatan merasakan langsung penerapannya, sehingga sangat sesuai dengan apa yang mereka butuhkan untuk diterapkan di sekolah masing-masing di Thailand.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Kegiatan ini merupakan permulaan, karena telah disepakati oleh kedua belah pihak bahwa program ini akan terus berjalan ke depan. Hal itu diperkuat pula dengan dilakukannya penandatanganan kerja sama antara Jurusan Manajemen Pendidikan dengan enam sekolah di Thailand untuk berbagai kegiatan akademik serta pengembangan sumber daya manusia.

“Jadi acara ini sekaligus menjadi kegiatan penutupan magang mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan yang dilaksanakan di sekolah-sekolah di Songkhla Province, Thailand. Manajemen Pendidikan telah mengirimkan 11 mahasiswa untuk melaksanakan program magang MBKM tersebut selama 3 bulan setara 20 SKS di sana,” jelasnya.

Dia berharap, kegiatan dan kerja sama yang di inisiasi Jurusan Manajemen Pendidikan UNESA ini ke depan melibatkan jurusan-jurusan lain di UNESA. Harapannya, kerja sama internasional semakin kuat dan membuka peluang yang lebih besar bagi lulusan Unesa. “Kami, Jurusan Manajemen Pendidikan dan mitra di Thailand juga bersepakat untuk mengirimkan lulusan terbaik untuk bekerja pada lembaga pendidikan di Thailand. Sehingga mereka bisa sambil mengambil studi S2 pada perguruan tinggi di Thailand,” tandasnya Syunu.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "Guru dari Thailand Gali Best Practice lewat ‘Teacher Training’ di UNESA"