Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Haul Gus Dur ke-13: Angkat Tema Gus Dur dan Pembaharuan NU

Haul Gus Dur ke-13: Angkat Tema Gus Dur dan Pembaharuan NU

Jakarta –Koran Edukasi– Peringatan Haul ke-13 Gus Dur atau Abdurrahman Wahid dan Pembaharuan Nahdlatul Ulama (NU) kembali digelar pada 17 Desember 2022 di kediaman Gus Dur JI. Warung Sila, No. 10, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Acara Haul tahun ini mengusung tema 'Gus Dur dan Pembaharuan NU' dan dilaksanakan secara hybrid (daring dan tatap muka) mengingat pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai. Pemilihan tema ini berkesinambungan dengan peringatan Harlah 1 Abad Hijriyah NU yang jatuh pada 16 Rajab Tahun Hijriyah depan.

Haul Gus Dur ke-13 membicarakan tentang kiprah perjuangan Gus Dur selama memimpin NU dari 1984 hingga 2000. Acara dibuka dengan pembacaan salawat dari Veve Zulfikar, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ustadz Miqdar Zulfikar Basyaiban Al-Idrisi Al-Hasani.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Pembacaan tahlil dipimpin Katib Aam PBNU K.H Ahmad Said Asrori dan diikuti enam titik pondok pesantren yang menjadi lokasi Muktamar atau Munas Alim Ulama & Kobes NU semasa Gus Dur memimpin PBNU yaitu Popes Sukorejo Situbondo, Popes Krapyak Jogjakarta, Popes Lirboyo Kediri, Popes Darussalamah Lampung Timur, Popes Bagu NTB, dan Popes Cipasung Tasikmalaya secara online.

Kemudian dilanjutkan pidato Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf tentang 'Inspirasi Gus Dur bagi Jam'iyyah NU Menyongsong Abad Kedua' dan tausiah dari KH. Ahmad Mustofa Bisri tentang inspirasi pelajaran keteladanan Gus Dur pada saat beliau berkhidmat di NU.

"Malam peringatan haul ini adalah saat yang tepat kita untuk mengenang Gus Dur, untuk ngalap berkah, ber-tabarruk, untuk mengharapkan berkah dari Karomah Gus Dur. Tapi juga lebih dari itu untuk merenung lebih jauh tentang tugas-tugas besar yang ada di depan kita jika kita memang sungguh ingin ikut menyumbang bagi cita-cita Gus Dur," ucap K.H. Yahya Cholil Staquf Ketua PBNU dalam pidatonya di Acara Haul ke-13 dan Pembaharuan NU pada Sabtu (17/12/2022).

Penampilan monolog Inayah Wahid (Putri Bungsu Gus Dur), talkshow bersama Nyai Hj Shinta Nuriyah Wahid tentang perjuangan Gus Dur saat menjadi Ketum PBNU, penampilan Abioso soal keberagaman, LESBUMI, dan Tunas Muda turut memeriahkan acara Haul ini. Pengujung acara ditutup dengan doa yang dibacakan oleh K.H Hussein Muhammad.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "Haul Gus Dur ke-13: Angkat Tema Gus Dur dan Pembaharuan NU"