Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Panduan Resepsi Puncak Satu Abad NU

KORAN EDUKASI- Harlah satu Abad NU tinggal menghitung hari saja, perayaan tersebut merupakan salah satu momen yang dinantikan oleh para kaum nahdliyin untuk menyongsong abad kedua. Sebagai acara yang cukup sakral dan tentunya meriah dengan total kepadatan yang sangat besar maka perlu ada upaya untuk mengatur semua mekanisme acara tersebut.

Dalam rangka menyambut resepsi megah dan besar tersebut pihak dari PBNU telah merilis beberapa informasi penting mengenai perayaan acara ini secara keseluruhan lengkap dengan aturan dan panduan.

Harlah Satu Abad NU adalah peringatan satu abad hari lahir atau berdirinya organisasi Nahdlatul Ulama (NU), terhitung dalam kalender hijriah. Semangat kebesaran menjaga dan merawat keislaman dalam Indonesia membuat harlah satu abad nahdlatul ulama ini nampaknya perlu dirayakan secara maksimal.

Dalam rangka menyambut peringatan Harlah tersebut pada tanggal 7 Februari 2023, ada tema khusus yang telah diangkat oleh PBNU yakni “Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru”. Tema juga berdasar pada pandangan hadits Rasulullah SAW tentang lahirnya pembaharu di setiap satu abad.

Sebelum mencapai puncak acara Harlah Satu Abad NU tersebut telah ada serangkaian acara lain sebelumnya. Mulai festival tradisi NU, kemudian muktamar nasional, hingga beberapa acara lain yang tidak kalah menarik untuk memeriahkan rangkaian menyambung satu Abad NU tersebut.

Gus Yahya selaku ketua umum menyampaikan bahwa hingga saat ini telah ada sekitar 1,6 juta orang telah mendaftar untuk ikut memeriahkan acara harlah NU tersebut. Apalagi acara ini juga akan dihadiri langsung oleh Presiden RI Jokowi dan Wapres RI Maruf Amin.

Bagi anda yang akan hadir dalam rangkaian Harlah Satu Abad NU tersebut tentunya perlu memperhatikan beberapa prosedur berikut ini.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Barang Wajib dalam Harlah Satu Abad NU

Pertimbangan pertama tentunya perlu untuk Anda perhatikan ketika hendak menghadiri Harlah Satu Abad NU adalah mempersiapkan beberapa barang penting. Sesuai dengan arahan oleh PB NU ada beberapa barang wajib untuk dibawa pada acara tersebut.

Pakaian Putih

Barang pertama adalah dresscode utama acara Harlah Satu Abad NU yakni pakaian putih. Pakaian ini diperuntukkan selama jalannya acara berlangsung

Makan dan Minum

Aspek kedua adalah makanan dan minuman wajib untuk membawa sendiri. Anda tidak perlu khawatir sebab dalam acara resepsi NU ini telah disediakan juga bazar makanan dan minuman lengkap dengan pelengkap kebutuhan semua jamaah.


Tas Kresek

Barang ketiga dalam Harlah Satu Abad NU adalah tas kresek. Fungsi dari tas kresek ini tentunya adalah untuk menjadi tempat sampah agar selama acara berlangsung atau sesudah acara tidak ada sampah berserakan.

Masker

Meski penggunaan masker tidak wajib saat ini akan tetapi pihak PBNU telah memberikan aturan bahwa pemakaian masker menjadi satu hal wajib ada bagi jamaah yang akan hadir.

Alat Sholat

Alat sholat menjadi satu barang penting untuk diperhatikan. Karena acara Harlah Satu Abad NU ini berlangsung selama 24 jam maka tentu ada break untuk sholat, dan fasilitas masjid dan mushola tidak mungkin menampung semua alat sholat jamaah.


Tikar

Untuk mengikuti rangkaian acara dengan nyaman dan aman maka perlu tikar sebagai alas duduk. Apalagi acara tersebut akan diselenggarakan dalam stadion.

Payung

Barang terakhir dalam Harlah Satu abad NU adalah payung. Curah hujan yang masih tinggi dibeberapa daerah membuat antisipasi dini untuk membawa payung atau jas hujan ringan sangat direkomendasikan.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/


 

Perhatikan Zona Kedatangan Setiap Jamaah

Pertimbangan selanjutnya dalam persiapan menghadiri acara Harlah Satu Abad NU adalah memperhatikan zona kedatangan. PB NU dan panitia menyadari banyaknya undangan dan jamaah yang akan hadir tentunya bisa menjadi kacau apabila tidak diatur sedemikian rupa.

Oleh sebab itulah untuk menghindari beberapa desakan dan ancaman lainnya maka pihak panitia berinisiatif untuk mengatur jadwal kedatangan semua jamaah tersebut secara bergiliran sesuai dengan zona yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sehingga jika anda hendak datang maka perhatikan terlebih dahulu daerah asal untuk menyesuaikan waktu kedatangan pada acara Harlah Satu Abad NU. Kapasitas stadion delta sidoarjo yang juga sangat besar tentu akan bisa dikondisikan sangat baik jika jamaah memahami alur kedatangan sesuai zonasi.

Zona kedatangan tersebut terbagi menjadi tiga. Setiap zona memiliki pembagian lagi menjadi 4 kloter, misalnya pada Zona 1A kloter 1 maka kedatangan jamaah diperuntukkan bagi daerah Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, dan tulungagung. Sedangkan untuk Zona 1B koler 2 diperuntukkan bagi jamaah dari Madiun, Kota Kediri, Kediri, dan Kota Madiun.

Hal ini juga berlaku pada semua zona dan setiap kloter yang telah disediakan oleh pihak panitia Harlah Satu Abad NU.  Perlu diperhatikan juga bahwa aturan zonasi ini juga disediakan lengkap dengan tempat parkir khusus serta tempat duduk secara khusus.

Hal ini menjadi bukti bahwa persiapan Resepsi Satu Abad Nahdlatul Ulama dengan konsep matang dan detail ini mampu memberikan kenyamanan bagi semua jamaah.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/


 
Perhatikan Semua Fasilitas Harlah Satu Abad NU

Pihak panitia juga memahami bahwa kapasitas acara Harlah Satu Abad NU yang berlangsung selama 24 jam ini tentunya sangat penting untuk diimbangi dengan fasilitas sangat lengkap dan tentunya maksimal. Sehingga semua kebutuhan setiap jamaah yang hadir bisa diakomodasi secara maksimal.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain adalah penyediaan tempat ibadah mulai dari masjid khusus yang telah disediakan sebanyak 12 unit dan untuk menunjangnya disediakan juga mushola sebanyak 27 unit. Kemudian hal tersebut juga ditunjang dengan fasilitas 968 toilet.

Pihak panitia juga menyediakan Depo Air dan Dapur umum sebanyak 16 titik, dengan konsumsi sekitar kurang lebih 23 macam. Untuk menanggulangi masalah yang berhubungan dengan kesehatan maka pihak PBNU telah menyiapkan sebanyak 26 posko kesehatan selama acara Harlah Satu Abad NU berlangsung.

Tidak lupa juga bahwa pihak panitia telah menyiapkan satgas khusus yang bertugas untuk melayani semua kebutuhan jamaah dengan jumlah 1000 orang lebih dengan tugas dan tanggung jawab berbeda-beda.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Pahami Alur Koordinasi Harlah Satu Abad NU

Hal terakhir dalam persiapan Harlah Satu Abad NU yakni apabila hendak menghadiri Harlah Satu Abad NU adalah memahami alur koordinasi semua hal yang berkaitan dengan akses kebutuhan selama acara berlangsung. Untuk memudahkan hal tersebut PB NU telah menyiapkan posko khusus.

Posko khusus ini bisa memberikan beberapa pertimbangan kemudahan dengan layanan nomor kontak person masing-masing secara spesifik. Misalnya jika Jamaah NU hendak membutuhkan kontak person apabila terjadi masalah kesehatan maka bisa langsung menghubungi Arif Susanto sebagai penanggung jawab.

Semua mekanisme yang telah tertera di atas terkait persiapan jamaah yang akan menghadiri peringatan Harlah Satu Abad NU tentu perlu dipahami untuk kenyamanan dalam mengikuti semua rangkaian acara dengan khidmat.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "Inilah Panduan Resepsi Puncak Satu Abad NU"