Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Kompetensi Anggota, MGMP Matematika MA Kab.Lamongan Gelar Dua Workshop Sekaligus

Tingkatkan Kompetensi Anggota, MGMP Matematika MA Kab.Lamongan Gelar Dua Workshop Sekaligus


Lamongan –Koran Edukasi– Mengawali kegiatan belajar mengajar semester genap tahun ajaran 2022/2023, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Madrasah Aliyah (MA) Kabupaten Lamongan menggelar Workshop Penulisan Artikel dan Media Pembelajaran Digital Berbasis Video Game. Workshop ini diselenggarakan secara daring melalui zoom meeting dengan dua kali pertemuan yaitu pada Minggu, 8 dan 15 Januari 2023 pukul 14.00 – 16.00 WIB. 

Menurut Agus Indra Gunawan, S.Si, M.Pd, Ketua MGMP Matematika MA Kab. Lamongan, workshop ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi anggota MGMP. Penulisan artikel dipilih karena menurutnya menulis saat ini bukan hanya sekedar tuntutan, tetapi harus menjadi sebuah kebutuhan dan kebiasaan, termasuk bagi anggota MGMP Matematika MA Kab. Lamongan.

“Dengan mebiasakan diri untuk menulis, baik itu artikel maupun praktik baik yang dilakukan dalam proses pembelajaran artinya kita bisa menyebarluaskan manfaat aktivitias kita. Apalagi dengan dukungan teknologi informasi yang semakin canggih seperti sekarang ini. Tentunya manfaat itu akan semakin mudah tersebar luas,” lanjutnya.

Meski diselenggarakan oleh MGMP Matematika, workshop ini dibuka untuk umum sehingga banyak peserta dari luar anggota MGMP yang tertarik untuk bergabung. “Selain dari anggota MGMP Matematika MA Kab. Lamongan, hadir juga di workshop ini Bapak Ibu guru hebat pengajar matematika dari luar wilayah Lamongan, guru fiqih, guru bahasa arab, guru sejarah, guru sosiologi, bahkan hadir juga dari kalangan dosen,” jelas Zumrotus Sa’adah, moderator workshop yang juga menjabat sebagai sekretaris MGMP Matematika MA Kab. Lamongan.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Di pertemuan pertama, kegiatan workshop fokus pada materi penulisan artikel. Pemateri 1, Abdul Halim Fathani, S.Si, M.Pd yang berprofesi sebagai dosen matematika Universitas Islam Malang (UNISMA), founder Literasi Matematika, dan founder Halaqah Matematika mengupas tuntas tentang motivasi menulis dan langkah-langkah menulis artikel yang efektif. Menurutnya, ada 3 kunci penting dalam kegiatan menulis yaitu kemauan, pengetahuan, dan keterampilan. 

“Pertama, kita harus mau dulu. Mau menulis. Menulis apa? Ya, menulis apa saja. Tidak perlu takut nanti begini nanti begitu. Nulis saja dulu. Imbangi dengan pengetahuan. Dari mana? Dari membaca sebab aktivitas menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Isi tulisan kita akan menjadi cermin kapasitas diri kita. Lalu bagaimana? Ya, itu. Banyak membaca. Yang terakhir, keterampilan. Terampil ini akan kita peroleh dengan proses belajar. Terus menerus menulis. Lama-lama tulisan kita akan semakin baik dan enak dibaca,” tegasnya dalam menyampaikan materi motivasi menulis.

Abdul Halim Fathani lebih lanjut menegaskan bahwa seluruh peserta workshop sebenarnya sudah memiliki bekal yang cukup dalam kegiatan menulis. Hal ini ia simpulkan dari hasil isian google form yang sebelumnya telah dibagikan kepada peserta workshop. Bahkan, sebagian dari peserta workshop sudah pernah terlibat dalam penulisan buku, baik antologi maupun karya solo.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Materi tentang media pembelajaran digital berbasis videogame dibahas tuntas pada pertemuan kedua. Tak kalah seru dengan pertemuan pertama, Wisam Jaya Pratama, MOS, S.Pd, yang ditunjuk sebagai pemateri kedua semakin membakar semangat peserta workshop untuk dapat menghasilkan media pembelajaran digital masa kini. Media ini nantinya tidak hanya bisa digunakan untuk kepentingan pembelajaran sendiri, tetapi bisa juga menjadi lahan cuan yang cukup menjanjikan.

Wisam Jaya Pratama yang merupakan CEO of Indonesia Dalam Digital, Silasnum Education, dan Pelana Konveksi menunjukkan beberapa karya video game pembelajaran yang sudah dibuatnya dan berhasil menjadi lahan income baru. Dua video game tersebut adalah Petualangan Si Kepiting dan Silasnum Education: Operasi Aljabar.

“Video game sebenarnya tidak melulu soal permainan yang membuang-buang waktu. Tetapi, kita sebagai guru bisa mengubahnya menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik agar peserta didik merasa nyaman dalam belajar. Jadi, mereka tidak merasa sedang belajar. Padahal sedang mempelajari banyak konsep yang mungkin sebelumnya dianggap rumit,” tegasnya dalam menyampaikan materi.


Lebih lanjut, Wisam menambahkan bahwa untuk mendapatkan hasil terbaik diperlukan beberapa strategi. Pertama, penentuan materi. Kedua, strategi pangsa pasar. Ketiga, penentuan model, dan keempat, penentuan alur video game. Tidak perlu menggunakan perangkat berbayar, pemula bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi gratis yang tersedia di internet.

Antusias peserta workshop sangat terlihat ketika sesi sharing berlangsung. Beragam pertanyaan menarik seputar materi diajukan kepada kedua narasumber. Tak hanya itu, salah satu peserta bahkan mengusulkan agar MGMP menjadwalkan pertemuan ulang. “Menurut saya, sepertinya perlu ada pertemuan ulang untuk membahas hasil penugasan seluruh peserta,” ucap salah satu peserta workshop sebelum mengakhiri sesi pertanyaan.

Untuk mendapatkan fasilitas e-sertifikat 40 JP, peserta workshop harus menyelesaikan tugas yang sudah diberikan selama workshop berlangsung. Selain itu, MGMP Matematika MA Kab. Lamongan juga memberikan fasilitas publikasi artikel di koran edukasi dan paket promo kerjasama kelas persiapan SNBT 2023 bersama Silasnum Education.

“Saya mewakili MGMP mengucapkan terima kasih kepada Koran Edukasi dan Silasnum Education yang sudah berkenan menjadi sponsor sehingga kegiatan workshop ini berlangsung dengan lancar dan sukses. Harapan kami, workshop ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta,” ucap Agus Indra Gunawan dalam closing statement. Lebih jauh, kegiatan semacam ini diharapkan dapat lebih intens dilaksanakan oleh MGMP guna meningkatkan kompetensi dan menjalin silaturahmi di antara anggota.[]

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/


Posting Komentar untuk "Tingkatkan Kompetensi Anggota, MGMP Matematika MA Kab.Lamongan Gelar Dua Workshop Sekaligus"