Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UIN Malang Sukses Jadi PTP PPBA Tahun 2023

UIN Malang Sukses Jadi PTP PPBA Tahun 2023

Malang –Koran Edukasi–  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) menjadi salah satu Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) Program Persiapan Bahasa dan Akademik (PPBA) tahun 2023. Melalui Pusat Pengembangan Bahasa (P2B), agenda yang berlangsung selama tiga minggu itu berjalan dengan baik, lancar dan sukses.  

Selanjutnya, pada hari ini secara online dilaksanakan penutupan serentak PPBA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Dirjen Pendis Kemenag RI). Agenda ini berpusat di Ruang Meeting, Lt. 3, Gedung Rektorat, DR. (HC). Ir. Soekarno, pada hari Jumat, tanggal 13 Januari 2023.

Sebelum resmi ditutup acaranya, Ketua P2B UIN Maliki Malang Prof. Abdul Hamid memberikan laporan singkat terkait pelaksanaan kegiatan itu. Disampaikan oleh Prof. Hamid begitu sapaan akrabnya ini bahwa pelaksanaan program tersebut dimulai sejak tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan 13 Januari 2023 dan pesertanya berjumlah 25 orang. Adapun indokator capaian pembelajaran PPBA itu antara lain meliputi kebahasaan, riset, akademik writing dan moderasi beragama.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Hadir mewakili rektor UIN Maliki Malang, yakni wakil rektor (WR I) bidang Akademik, Prof. Umi Sumbulah, M.Ag diminta memberikan sambutan penutup kegiatan tersebut. Pada kesempatan ini, WR I mengucapkan selamat atas suksesnya pelaksanaan PPBA di UIN Maliki Malang.

Selain itu, beliau juga memberikan apresiasi kepada tim pelaksana dari P2B atas inovasi dan kreativitasnya dalam cara memberikan materi pembelajaran yang diterapkan selama program berlangsung, yakni metode rekreatif (Rekreasi dan edukatif).

Selanjutnya, Prof. Umi Sumbulah berharap agar 25 peserta PPBA itu bisa melanjutkan mengikuti program beasiswa S2 dan S3 di kampus UIN Maliki Malang melalui skema beasiswa LPDP. Selain itu, ditekankan juga bahwa salah satu syarat mendapatkan program dari Kemenag saat ini harus mengikuti program peningkatan moderasi beragama.

Sehingga meski persentase materi moderasi beragama di PPBA ini tidak tinggi namun tetap diharapkan pengetahuan moderasi beragama tidak hanya menjadi pola pikir tetapi lebih dari itu yakni bisa menjadi pola sikap dan perilaku, baik sebagai ASN, dosen, guru, dan para pendidik lainnya.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "UIN Malang Sukses Jadi PTP PPBA Tahun 2023"