Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UIN Malang Tanam 1000 Pohon

UIN Malang Tanam 1000 Pohon

Malang –Koran Edukasi–Dalam rangka Peringatan Hari Gerakan Sejuta Pohon Internasional 2023, kali ini Universitas Islam negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maulana Malik) bekerjasama dengan LSM Alamku Hijau dan PT. Bentoel Prima, BAT. Indonesia melaksanakan aksi penanaman seribu pohon. Agenda akbar tersebut diawali dengan seremonial penanaman 125  benih pohon unggul secara simbolis di area Kampus III UIN Maliki Malang, Tlekung Kota Batu. Rabu(18/1).

Sesuai dengan pemetaan lokasi yang telah ditentukan bahwa penanaman pohon yang lainnya akan disebar di sebagian kawasan RTH-Hutan Kampus, di seputar mata air dan luas lahan yang dikerjakan 3 hektar dengan skema jarak antar tanamnya yakni (5x5)m. Sedangkan jenis tanaman unggulnys antara lain: Kelengkeng new kristal(250 bibit), Nangka merah(250 bibit), Alpokat Aligator(250 bibit) dan terakhir Ficus Benjamina atau beringin juga sejumlah 250 bibit.

Pada kesempatan itu, rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. M. Zainuddin, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa penanaman pohon itu bukan hanya ritual tahunan, tetapi sebagai universitas, kampus berlogo Ulul Albab ini telah mewujudkannya sebagai bagian dari komitmennya untuk melestarikan lingkungan. Didasari adanya kesadaran bahwa komitmen tersebut tidak akan berhasil tanpa adanya tindakan nyata dan kepedulian tinggi terhadap penghijauan. "Kita juga sudah menetapkan kampus ini sebagai kampus hijau (green campus). Bahkan tidak hanya itu, tetapi juga smart campus!, "tegasnya. 

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Lanjut, Prof. Zain sapaan akrabnya ini menambahkan bahwa membangun kampus hijau bukan hanya bersifat fisik (hard element), melainkan juga yang bersifat non-fisik (soft element), yaitu terkait dengan budaya dan pola hidup kita (pola sikap, pola perilaku dan pola tindakan). "Sebagai Perguruan Tinggi Islam, UIN Maliki Malang sudah seharusnya menjadi role model bagi masyarakat dan berkolaborasi dan bersinergi dengan mitra terkait dalam melakukan pembangunan berwawasan lingkungan tersebut seperti yang hari ini kita lakukan, "terangnya.

Kemudian, masih menurut rektor asal Bojonegoro ini bahwa menanam pohon tidak hanya melestarikan lingkungan tetapi juga menopang kehidupan, meningkatkan perdamaian dan harapan menuju masa depan. "Oleh karena itu, sebatang pohon adalah lambang harapan bagi kita yang sifatnya berkesinambungan untuk generasi yang akan datang, "jelasnya.

Mengakhiri sambutannya, besar harapan orang nomer wahid di UIN Maliki Malang ini agar kegiatan tersebut terus berlanjut dan semoga banyak memberikan manfaat. Tidak lupa selain itu beliau juga mengajak semuanya berdoa semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan kepada semuanya untuk terus menjaga dan menciptakan kehidupan yang ramah lingkungan secara berlekelanjutan.

Hadir saat acara Plh. Walikota Batu, DPRD Provinsi Jatim, Kepala BBWS Brantas, Ketua DPRD Kota Batu, Kapolres Batu, Komandan Kodim 0818, Dirut PJT, Kepala Perhutani Malang dan segenap TIM PT. BENTOEL, BAT Indonesia yakni Husain Iqbal Jaffery(DRBU Operations Director), Marihot Jimmy Tampubolon(Head of Supply Chain), Eva Sulistiawaty(Head Of Area Sustainbility)dan Latifu Shobur(HeadOf Ops Regulatory and External Affairs) serta beberapa perwakilan UKM UIN Maliki Malang (Mapala, HMPS Biologi "Semut Merah", dan MENWA).

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "UIN Malang Tanam 1000 Pohon"