Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karir atau Ibu Rumah Tangga?

Penulis: Anisa Muthiatul Husnah
Guru MAN 2 Banyuwangi

KORAN EDUKASI – Menjadi ibu rumah tangga adalah suatu hal yang mutlak yang akan dijalani oleh setiap wanita. Ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang mulia bagi wanita. Di zaman modern ini banyak wanita yang memutuskan untuk berkarir, bekerja agar menjadi lebih mandiri sekaligus membantu perekonomian keluarga menjadi lebih baik.

Menjadi ibu rumah tangga sekaligus berkarir adalah dua pekerjaan yang berat apabila dilakukan sekaligus, namun tidak ada salahnya selagi tidak ada ketimpangan diantara keduanya dan tetap seimbang. Bagi yang pandai memenejemen waktu, sukses menjalani keduanya bukanlah suatu yang mustahil, namun hal itu tidaklah mudah.

Seringkali wanita tersebut mengalami kewalahan dalam mengatur waktu, dan tak jarang harus mengorbankan salah satunya. Saat kondisi seperti ini wanita terpaksa harus memilih: rumah tangga atau karir?

Namun banyak wanita mengimpikan keberhasilan dalam menjalani dua peran tersebut sekaligus dan berusaha keras untuk mencapainya. Sulit memang, tapi bukan tidak mungkin sebagai wanita dapat meraihnya. Lalu bagaimanakah caranya?

Sebelum seorang wanita menikah atau mempunyai anak, hendaknya bertanya pada diri sendiri, apakah akan melanjutkan karir yang selama ini diimpikan?. Jika “iya” berarti wanita tersebut harus komitmen dan konsisten terhadap pilihan yang diambil. Dengan bertanggung jawab penuh terhadap tugas dalam pekerjaannya sekaligus tanpa melalaikan urusan ruman tangga. Jadikan pekerjaan tersebut sebagai rutinitas hidup dan nikmati peran ganda sebagai wanita karir dan ibu rumah tangga. 

 

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan seorang wanita yang memilih untuk menjadi ibu rumah tangga sekaligus berkarir.

Manajemen waktu

Manajemen waktu merupakan hal paling penting jika memutuskan untuk menjalani profesi ganda sekaligus. Sesibuk  apapun pekerjaan seorang wanita, harus diingat bahwa ia adalah seorang istri dan ibu yang harus menyiapkan makanan untuk keluarga dan mengajari anak belajar di rumah. Wanita harus pandai mengatur waktu mana untuk bekerja, mengurus rumah, mengurus anak, dan istirahat. Seorang wanita yang berprofesi ganda harus cekatan dalam melakukan pekerjaannya agar semua tanggung jawabnya dapat terselesaikan dengan baik.


Bersikap Profesional

Usahakan saat bekerja tidak mengganggu waktu ketika bersama keluarga. Sebaliknya, jangan sampai urusan keluarga mengganggu pekerjaan kita. Bersikaplah professional, prioritaskan tugas mana yang harus didahulukan. Dan tidak lupa Selalu izin suami saat meninggalkan rumah khususnya saat berangkat kerja.


Jaga Pola Hidup

Menjaga pola hidup dan kesehatan harus dilakukan untuk seorang wanita karier yang juga seorang ibu. Hal ini dilakukan karena pekerjaan yang dijalani sangat berat. Menjadi ibu rumah tangga saja sudah menguras tenaga, maka seorang wanita harus menjaga kesehatan fisik dan stamina yang kuat dalam melaksanakan tugasnya. Makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, serta meluangkan waktu untuk berolahraga merupakan cara terbaik agar dapat menyeimbangkan kesibukan dalam pekerjaan dan saat di rumah mengurus keluarga.


Me Time

Me Time sekaligus refreshing penting dilakukan agar mental wanita tetap terjaga, butuh waktu untuk menyendiri, jauh dari keramaian melepas penat. Lakukan aktivitas yang mampu untuk membuat kita menjadi rilex dan santai.


Jaga Emosi

Tuntutan pekerjaan yang cukup berat biasanya menjadikan wanita lebih sensitif, mudah tersinggung dan marah. Maka perlu usaha agar emosi tetap terjaga. Tak adil apabila seorang wanita dalam kondisi capek bekerja dan melampiaskan kekesalan pekerjaannya kepada buah hati di rumah saat ia mendampingi bermain atau mengerjakan tugasnya dari sekolah.

Saat memilih menjadi ibu rumah tangga jadilah ibu seutuhnya lakukan aktivitas dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin. Dan ketika memilih menjadi wanita karir bekerjalah secara professional dengan tetap menjaga tanggung jawab mutlak sebagai seorang istri atau seorang ibu di rumah. Menjadi ibu rumah tangga sambil bekerja, perlu menyeimbangkan pola hidup dan kerja. Agar tetap terwujud keluarga yang harmonis.[]

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "Karir atau Ibu Rumah Tangga?"