Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tim Kapal Senopati UNNES Borong Juara di Marine Innovation Festival Indonesia

KORAN EDUKASI – Tim Kapal Senopati Universitas Negeri Semarang (UNNES) berhasil memborong juara di ajang Marine Innovation Festival Indonesia (MARINESIA) 2023.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Departemen Teknik Perkapalan Universitas Hasanuddin Makassar. Kali ini, kontes bertema Mendukung Sinergi Sektor Maritim Untuk Indonesia Emas 2045”.

Mereka berhasil meraih juara 1 dan 3 pada kategori Inovasi Cipta Karya Teknologi Tepat Guna (Lontara).

Selain itu, pada kategori Inovasi Design meraih juara 2. Tak hanya itu, Tim Kapal Senopati UNNES menjadi tim Terfavorit.

Ketua Senopati Tim Rafif Dimas Pratama menyebutkan, inovasi yang diunggulkan dalam desain kapal ikan tahun ini adalah dengan adanya Inovasi Kapal Purse Seine Berbasis Refrigerant System pada Palka dan Adjustable Lighting System dengan Metode Photovoltaic Guna Mewujudkan Solutive Marine Fisheries.


 Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Dia mengatakan sistem pendinginan palka ikan dengan Refrigerated Sea Water yang dilengkapi dengan ruang hampa isolasi guna menjaga suhu dalam palka agar tetap stabil, sehingga kualitas ikan dari proses penangkapan hingga ke tangan konsumen terjaga kualitasnya.

Sistem Palka dengan Refrigerated Sea Water menggunakan desalinasi air laut agar air pendingin tidak mempengaruhi rasa pada ikan dan menggunakan daya listrik untuk mengontrol suhu, sedangkan ruang hampa pada palka bertujuan untuk mencegah terjadinya perpecahan kalor, Tutur Rafif Dimas.

Dosen Pembimbing, Dr Eng Aldias Bahatmaka menuturkan bahwa Tim Senopati ini sudah melakukan persiapan sekitar 2-3 bulan mulai dari materi, desain, dan juga lomba latihan di danau UNNES untuk menyelesaikan misi pada kompetisi tersebut.

“Alhamdulillah tim Kapal Senopati UNNES berhasil memboyong juara, ini merupakan prestasi yang luar biasa,” pungkasnya.

Tim ini terdiri atas, Muhammad Yusuf Wibowo, Muhammad Nur Faizin, Tegar Oki Prasdika, Hanan Yazid Fadlu Rokhman, Yazid Surya Wicaksana, Rafif Dimas Pratama, Fiqri Fadhillah Fahmi, Muhammad Hafiz Izuddin, Lanang Puspa Buana, Muhammad Harits, dan Indra Nurul Hidayat.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "Tim Kapal Senopati UNNES Borong Juara di Marine Innovation Festival Indonesia"