Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkuat Akademik, UIII-UIN Jakarta Sepakati Kerja Sama

KORAN EDUKASI – Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) dan UIN Jakarta sepakat bekerjasama mengakselerasi program-program akademik dalam kerangka tri darma perguruan tinggi. Kesepakatan kerja sama dilaksanakan di kantor rektor, Gedung Rektorat Kampus I UIN Jakarta, Jumat pagi (7/7/2023).

Penandatanganan kerjasama dilakukan pimpinan kedua universitas, Rektor UIII Prof. Dr. Komaruddin Hidayat dan Rektor UIN Jakarta Prof. Asep Saepudin Jahar MA Ph.D. Sedang kerjasama dituangkan dalam Nota Kesepahaman antara UIII dan UIN Jakarta Nomor 07 tahun 2023 dan Nomor B-1646 tahun 2023 tentang Kerja Sama Penyelenggaraan Tidarma Perguruan Tinggi.

Sejumlah pimpinan dari kedua perguruan tinggi juga hadir menyaksikan penandatanganan. Diantaranya, Wakil Rektor Bidang Kerjasama UIN Jakarta Din Wahid MA Ph.D dan Vice-Rector for Research, Cooperation, and Community Engagement UIII Prof. Jamhari Makruf Ph.D.

Merujuk nota kesepahaman yang ditandatangani, ruang lingkup kerjasama yang akan direalisasikan merangkum setidaknya enam bidang. Keenamnya, penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat; penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.


 Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Selanjutnya, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, kajian ilmiah, seminar dan lokakarya; peningkatan, pengembangan kompetensi SDM dan pelatihan; peningkatan dan pengembangan tata kelola perguruan tinggi; peminjaman dosen; termasuk, kegiatan lain yang disepakati para pihak.

Merespon inisiasi kerjasama ini, Rektor Asep Jahar mengapresiasi positif dan berharap jalinan kerjasama kedua perguruan tinggi ini bisa mengakselerasi pengembangan akademik masing-masing. Menurutnya, UIII maupun UIN Jakarta memiliki spirit yang sama dalam memperkuat kajian keislaman dan keilmuan melalui perguruan tinggi keagamaan Islam di Indonesia.

Terlebih, sambungnya, UIII dan UIN Jakarta memiliki cukup banyak kedekatan. Selain sama-sama sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Rektor dan pengajar UIII hampir sebagian diantaranya berasal dari UIN Jakarta.

“Dengan spirit internasionalisasi dan penguatan kajian keilmuan dan keislaman, semoga kerjasama yang terbangun antara UIII dan UIN Jakarta segera terealisasi dan pengembangan akademik masing-masing terus diakselerasi,” ujarnya.

Rektor Komarudin Hidayat sendiri menuturkan, inisiatif kerjasama dilakukan karena UIN Jakarta maupun UIII memiliki jalinan intelektual yang sama sehingga diharapkan kerjasama bisa direalisasikan maksimal. “UIII intellectually tidak bisa dipisahkan dari IAIN/UIN Jakarta,” ujarnya.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "Perkuat Akademik, UIII-UIN Jakarta Sepakati Kerja Sama"