Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UIN Jakarta Pimpin Klasemen Scopus PTKIN

KORAN EDUKASI - UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali mengukir rekor membanggakan dengan menempati peringkat tertinggi produktifitas penulisan artikel terindeks Scopus. Total 1.804 dokumen artikel karya sivitas akademik UIN Jakarta yang terindeks Scopus hingga Rabu ini (3/21/2024).

Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Jakarta, Siti Umi Masruroh M.Sc, menuturkan terhitung hingga 3 Januari 2024 total artikel terindeks Scopus yang dikontribusikan sivitas akademika UIN Jakarta mencapai 1.804 dokumen. “Dari hasil tersebut, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menempati peringkat tertinggi,” ujarnya.

Capaian ini, jelasnya, menjadikan UIN Jakarta masuk dalam kategori perguruan tinggi yang aktif dalam melakukan riset ilmiah. “Pencapaian ini menegaskan posisi UIN Jakarta sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang aktif dalam penelitian ilmiah,” tegasnya lagi.

Selanjutnya, beberapa perguruan tinggi keagamaan Islam negeri berturut menempati peringkat di belakang UIN Jakarta. UIN Bandung misalnya, berhasil menempati posisi kedua dengan mencatatkan 1.532 dokumen terindeks Scopus.

Lalu, UIN Malang dengan 834 dokumen, UIN Yogyakarta dengan 776 dokumen, dan UIN Banda Aceh dengan 493 dokumen. “Capaian ini menunjukkan komitmen kuat dari PTKIN dalam menghasilkan penelitian yang berkualitas serta berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan,” tambahnya.

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/


 

 Dalam catatan Berita UIN Online, rekor ini makin melengkapi catatan apik publikasi ilmiah UIN Jakarta. Di awal tahun 2024, UIN Jakarta berhasil memuncaki klasemen ranking Science and Technology Index (SINTA) tingkat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Merujuk lansiran https://sinta.kemdikbud.go.id/affiliations?page=1&q=UIN, Selasa (2/1/2024) pukul 19.00, UIN Jakarta menjadi PTKIN dengan publikasi terproduktif atau dengan score tertinggi selama 3 tahun terakhir versi SINTA.

Dalam sumber yang sama disebutkan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, mencatatkan score 117.640 untuk SINTA Score 3Yr. Sedang raihan SINTA Score Overall mencapai 244.866. Jumlah ini dikontribusikan oleh 1.113 authors pada 82 Departement.

Posisi selanjutnya ditempati UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Perguruan tinggi ini mencatatkan score SINTA Score 3Yr 114.197 dengan SINTA Score Overall 195.904.

Setelah UIN Sunan Gunung Djati, ranking SINTA ditempati UIN Sumatera Utara. Perguruan tinggi ini mencatatkan 85.342 SINTA Score 3Yr dan 171.096 SINTA Score Overall.

Posisi selanjutnya ditempati UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan SINTA Score 3Yr 51.514 dan SINTA Score Overall 108.568. Lalu, UIN Raden Intan Lampung dengan SINTA Score 3 Yr42.951 dan SINTA Score Overall 92.942.

Sumber: https://www.uinjkt.ac.id/id/uin-jakarta-pimpin-klasemen-scopus-ptkin

Informasi Seputar Pendidikan Terbaru, Kunjungi https://www.koran-edukasi.com/

Posting Komentar untuk "UIN Jakarta Pimpin Klasemen Scopus PTKIN"