Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemenag Tuban Luncurkan "Jamor Kasa" Sebagai Penguatan Kampung Moderasi

Dalam rangka penguatan dan pengembangan Kampung Moderasi Beragama, Kemenag Tuban melalui seksi Bimas Islam mengusung giat Jamor Kasa (Jagongan Moderasi Beragama untuk Kesatuan Bangsa) di Balai Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu, Rabu (28/02/2024).
 
Seiring dengan semangat moderasi beragama yang telah ditetapkan di 1000 kampung moderasi beragama di seluruh Indonesia, dua dari jumlah tersebut berada di kabupaten Tuban. "Ada dua kampung moderasi beragama yaitu di kelurahan Kingking kecamatan Tuban dan kegiatan sudah kita laksanakan kemarin, serta Desa Sugihwaras kecamatan Jenu dilaksanakan hari ini," ujar Kasi Bimas Islam, Mashari.
 
Pria asal kota Soto ini menekankan, moderasi beragama adalah tanggungjawab bersama. "Dengan memilih dua kecamatan sebagai roll model, dan mengakomodasi tempat peribadatan berbagai agama di kampung moderasi beragama, diharapkan program ini dapat memberikan contoh positif bagi masyarakat selain dua darah tersebut," tuturnya.

Mashari melanjutkan hal ini dilakukan dalam upaya mewujudkan kerukunan dan kesatuan bangsa melalui moderasi beragama. Untuk itu Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) sekaligus Ketua Pokja, (Ahmad Iswoyo) memperkenalkan inisiatif yang luar biasa yang diberi nama Jamor Kasa.
 
Sementara itu, Kepala Desa Sugihwaras Munir Maliki menyampaikan apresiasinya terhadap langkah tersebut. "Kegiatan ini menggambarkan bahwa kehidupan sejati adalah kerukunan," kata ia.
 
Peluncuran Kampung Moderasi Beragama di kabupaten Tuban pada tanggal 26 Juli 2023 menandai awal dari perjalanan positif ini. Harapan besar terletak pada partisipasi aktif masyarakat, pemerintah daerah, dan pihak terkait lainnya untuk memastikan "Jamor Kasa" dalam membawa keselarasan di tengah-tengah perbedaan.
 
Dihubungi secara terpisah, Kepala KUA Kecamatan Tuban, Imam Bukori menyampaikan kegiatan Jamor Kasa di Kecamatan Tuban dilaksanakan di Aula KUA yang dihadiri oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, Lurah Kingking serta para tamu undangan yang terdiri dari ormas keagamaan ada  Muslimat, Fatayat, Lazisnu dan organisasi wanita Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.



Sumber: https://jatim.kemenag.go.id/berita/537454/kemenag-tuban-luncurkan-jamor-kasa-sebagai-penguatan-kampung-moderasi

Posting Komentar untuk "Kemenag Tuban Luncurkan "Jamor Kasa" Sebagai Penguatan Kampung Moderasi"